Setelah 50 Tahun Ilmuwan Berhasil Pecahkan Signal Misterius dari Luar Angkasa

By , Kamis, 2 Juni 2016 | 18:00 WIB

Pernahkah Anda mendengar berita tentang sinyal-sinyal misterius dari langit, entah dari siapa ? Setelah 50 tahun ilmuwan akhirnya berhasil memecahkan sinyal misterius dari luar angkasa. (Baca : Misteri Suara di Bulan yang Membingungkan Astronot)

Sejak dahulu para peneliti selalu penasaran dengan signal-signal misterius yang entah datang dari mana. Sinyal-sinyal ini mungkin pernah dipercaya berasal dari peradaban lain atau makhluk luar angkasa namun tak pernah ditemukan fakta pendukungnya.

Sekarang misteri yang berusia 50 tahun lebih itu telah terpecahkan. Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Geophysical Research Letters mengaku telah menemukan jawaban dari sinyal-sinyal aneh tersebut.  Signal ini telah membuat para peneliti bingung selama 50 tahun padahal jawabannya ada di depan hidung kita sendiri.

Setiap hari saat subuh dan menjelang petang, para peneliti mengirimkan signal ke luar angkasa. Signal yang selama ini sering diterima kembali dan dianggap sebagai signal-signal misterius tersebut ternyata adalah gema dari signal yang kita kitim sendiri.

(Baca pula : Tiap Musim Panas Air Danau di Oregon Tersedot Lubang Misterius)

Ternyata sesuatu yang berjarak sekitar 150 dari permukaan bumi memiliki efek seperti cermin terhadap signal. Jadi, semua signal yang kira kirimkan akan dipantulkan kembali. Jadi jawaban dari misteri berusia puluhan thaun ini adalah sebuah cermin atmosfer yang bisa digunakan untuk melacak pergerakan kompleks berbagai hal di bumi. Jadi, jangan cepat berharap bahwa signal-signal aneh dari luar angkasa berasal dari alien atau peradaban yang lain.