Akhirnya, Lumba-lumba Tak Bersirip Berhasil Dikembangbiakkan di Cina

By , Selasa, 31 Mei 2016 | 16:00 WIB

Ada banyak spesies hewan di dunia ini yang terancam kepunahan. Untunglah lumba-lumba tak bersirip yang langka berhasil dikembangbiakkan di Cina. (Baca : Seekor Lumba-lumba Ditemukan Warga Mati Terdampar di Pantai Mampie)

Kabar menggembirakan datang dari Institute of Hidrobiology of Chinese Academy of Sciences di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Institut ini telah berhasil mengembangbiakkan spesies lumba-lumba tak bersirip yang langka.

Setelah hamil selama 10 bulan, lumba-lumba tak bersirip yang berusia tujuh tahun ini telah siap untuk melahirkan. Lumba-lumba ini bernama F9. Ia telah hidup di institut sejak tahun 2010 silam.

Setiap kelahiran anak lumba-lumba tak bersirip dianggap sebagai hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena spesies lumba-lumba tak bersirip masuk dalam kategori ‘Critically Endangered’ menurut The International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Kategori ‘Critically Endangered’ sendiri artinya adalah populasi spesies ini telah berkurang hingga lebih dari 80% dalam 10 tahun terakhir atau tiga generasi spesies tersebut. (Baca pula : Intip Video Lumba-lumba Melahirkan di Akuarium Chicago)

Spesies lumba-lumba tak bersirip yang langka ini sudah ada di bumi sejak 25 juta tahun yang lalu. Habitat mereka adalah Sungai Yangtze, Danau Dongting, dan Danau Fanyang yang semuanya berada di Tiongkok. Spesies ini bahkan sering disebut sebagai fossil yang hidup karena telah ada sejak zaman dahulu kala.

Penyebab berkurangnya spesies ini dengan drastis adalah air yang terpolusi, penangkapan ilegal, dan proyek konstruksi. Menurut survey yang dilakukan oleh sejumlah institusi tahun 2013 silam, di alam liar kini hanya tersisa sekitar 1.040 lumba-lumba tak bersirip.