Geoglyph Misterius Ditemukan di Dekat Gurun Nazca

By , Senin, 30 Mei 2016 | 15:00 WIB

Satu tim ilmuwan dari Jepang telah menemukan geoglyph yang benar-benar baru di Gurun Nazca, Peru bagian selatan. Geoglyph baru ini tampak seperti makhluk yang sedang menjulurkan lidahnya. Panjangnya mencapai 98 kaki (30 m) dan terletak sekitar 10 mil (16 km) dari Nazca Lines (garis-garis Nazca) terkenal.

Peneliti dari Yamagata University, yakni Masato Sakai dan Jorge Olano membuat penemuan ini. (Baca : Simbol Misterius di Kazakhstan : Berapa Usia yang Sebenarnya?)

"Hewan tersebut nampak memiliki beberapa bagian tubuh yang aneh dan memiliki banyak kaki, dengan demikian disimpulkan ia merupakan makhluk khayalan atau mitos," kata para ilmuwan.

"Geoglyph ini terbentuk karena (i) penghapusan permukaan warna batu yang lebih gelap untuk mengekspos dasar tanah yang putih, dan (ii) menumpuk batu yang dihapus untuk membentuk citra hewan seperti relief," tambah mereka.

Ini adalah teknik yang khas selama Periode Paracas Akhir (400-200 SM). Sekitar lima tahun yang lalu geoglyph lain ditemukan di dekatnya. (Baca pula : Ditemukan, Struktur Batu Berbentuk Rusa Raksasa)

Ilustrasi hewan mitos dari geoglyph yang ditemukan di gurun Nazca, Peru (Yamagata University.)

"Kami menafsirkan geoglyph yang merupakan sepasang angka antropomorfik ini sebagai adegan pemenggalan kepala," kata Dr Sakai dan Dr. Olano.

Geoglyph tersebut dibuat menggunakan teknik yang sama seperti geoglyph yang baru ditemukan. Hal itu dikarenakan kedua geoglyph terletak di lereng, mereka bisa dengan mudah diidentifikasi di tingkat dasar. Antara dua geoglyph (temuan baru dan sebelumnya) ini ditemukan sebuah jalan kuno menuju pusat seremonial Cahuachi.

"Kami menduga bahwa geoglyph mungkin berkaitan dengan ziarah ke Cahuachi," pungkas penelilti.