Sistem Tata Surya Kita Mencuri Planet, Mungkinkah ?

By , Minggu, 5 Juni 2016 | 10:00 WIB

Sebuah teori terbaru menunjukkan bahwa banyak hal diperdebatkan tentang "Planet Sembilan", bukan hanya sebagai anggota baru dari sistem tata surya kita, melainkan sebagai sebuah planet ekstrasurya. Ada bukti bahwa Planet Sembilan diculik oleh matahari dari bintang pemilik aslinya.

(Baca : Planet Sembilan : Planet Es Raksasa Lebih Besar Empat Kali dari Bumi)

Ini ditunjukkan melalui simulasi komputer terbaru yang dikembangkan oleh para astronom di Universitas Lund di Swedia. Matahari kita mungkin telah menarik planet dari bintang pemilik yang sebenarnya ketika keduanya berpapasan. Bisa dikatakan pula bahwa sistem tata surya kita mencuri planet !

"Planet Sembilan mungkin dengan sangat baik terdorong oleh planet-planet lain, dan ketika itu berakhir di sebuah orbit yang terlalu lebar sekitar bintangnya, matahari kita mungkin telah mengambil kesempatan untuk mencuri dan menangkap Planet Sembilan dari bintang aslinya, "kata peneliti Alexander Mustill dalam rilis berita.

"Ketika matahari kemudian berangkat dari cluster bintang di mana ia lahir, Planet Sembilan terjebak di orbit yang mengelilingi matahari," tambah Mustill.

Awal tahun ini, peneliti menemukan adanya planet kesembilan dengan mempelajari orbit benda es di sekitar Neptunus. Mereka melihat anomali dalam materi orbit, dan melacak mereka – memimpin mereka menu tarikan gravitasi Planet Sembilan.

(Baca : Planet X Diduga Kuat Memicu Kepunahan Massal di Bumi)

Keberadaan Planet Sembilan masih belum terbukti, dari gambar yang telah diperoleh tetap sulit dipahami. Para astronom belum memutar ibu jari mereka. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencari tahu apakah ini hanya sebuah teori atau real deal. Jadi, sampai kita tahu pasti, kita akan terus berpikir bahwa sistem tata surya kita adalah pencuri yang handal.