Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!

By , Minggu, 5 Juni 2016 | 07:00 WIB

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan kegiatan tahunan yang diperingati setiap tanggal 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya kelestarian lingkungan dalam kehidupan manusia. Tahun ini, tema yang diusung ialah “Zero Tollerance for the Illegal Wildlife Trade”. Melalui tema ini, masyarakat di seluruh dunia didorong untuk turut andil melawan perdagangan satwa liar ilegal.

Perdagangan ilegal satwa liar mengikis keanekaragaman hayati yang berharga di Bumi, merampok warisan alam kita dan mendorong seluruh spesies ke ambang kepunahan. Pembunuhan dan penyelundupan satwa liar juga merusak ekosistem, memicu kejahatan terorganisir, dan menimbulkan ancaman di seluruh dunia.

Kejahatan terhadap satwa liar membahayakan hewan-hewan ikonik seperti gajah, badak, harimau, gorila dan kura-kura laut. Pada tahun 2011, subspesies badak Jawa punah di Vietnam. Pada tahun yang sama, spesies badak hitam menghilang dari Kamerun. Sementara itu, kera besar telah menghilang dari Gambia, Burkina Faso, Benin, Togo, dan diikuti oleh kepunahan-kepunahan di negara-negara lain.

Di Indonesia, dalam pantauan pemberitaan media yang dilakukan WWF-Indonesia diketahui bahwa  selama periode Januari-April 2016 terdapat 68 kasus penegakan hukum kejahatan terhadap satwa berupa penyelundupan, penyitaan dan perdagangan satwa dilindungi, termasuk harimau Sumatera (9 kasus), gajah (2 kasus), orangutan (4 kasus) dan penyu (9 kasus).

Upaya besar untuk melawan perdagangan gelap satwa liar, termasuk kebijakan kuat, kampanye kesadaran masyarakat dalam konservasi dan penegakan hukum,  telah membuahkan beberapa keberhasilan besar. Namun, banyak spesies tetap berisiko punah dan hal tersebut membutuhkan upaya khusus yang berkelanjutan dari semua pihak.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghentikan perdagangan satwa liar?

Kita perlu memberi tahu lebih banyak orang  tentang dampak buruk perdagangan satwa liar terhadap lingkungan, mata pencaharian, dan masyarakat. Kita harus mengubah kebiasaan dan perilaku kita sehingga permintaan terhadap produk satwa liar jatuh. Jika mengetahui ada perdagangan satwa liar, segera laporkan kepada pihak-pihak yang berwenang. Selain itu, kita harus mendesak  pemerintah dan badan-badan internasional untuk menegakkan hukum yang lebih keras untuk melawan perdagangan satwa liar. Ayo berpartisipasi aktif menyelamatkan tumbuhan dan satwa liar demi masa depan planet kita!

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!