10 Obat Alami untuk Atasi Gigitan Nyamuk

By , Senin, 20 Juni 2016 | 09:00 WIB

Walaupun tidak semua nyamuk menyebabkan malaria, demam berdarah, cikhungunya, atau bahkan menyebarkan virus zika, tetapi kita tetap merasa terganggu akibat gigitannya. Rasa gatal dan panas akan membuat kita merasa jengkel. Untuk itu, lebih baik kita segera mengobati jika terkena gigitan nyamuk.

Ada banyak cara untuk itu, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

1. Ice atau kompres dingin. Sebuah cara yang pasti untuk menyembuhkan gigitan nyamuk dengan cepat adalah untuk memberikan kompres dingin. Sensasi dingin akan membantu mematikan rasa gatal dan membantu meringankan pembengkakan terkait dengan gigitan. Studi telah membuktikan dingin dapat membantu mengurangi gatal-terkait histamin.

2. Pasta gigi. Pasta gigi biasa dapat membantu meringankan gatal. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dari gigitan semut api. Mungkin ada hubungannya dengan mentol dalam pasta gigi, yang juga menciptakan sensasi pendinginan.

3. Baking soda dan air. Buatlah pasta dengan baking soda dan air, oleskan ke gigitan dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci. Baking soda dan air membuat larutan alkali, yang menetralkan pH kulit untuk memberikan bantuan gatal.

4. Lemon dan air jeruk nipis. Ini dapat membantu meringankan gatal, tapi jika Anda belum tergores gigitan. Menggunakan jus jeruk akan membuka luka dan akan terasa perih. Menggunakan lemon dan jeruk nipis jika Anda akan berada di dalam ruangan untuk sementara waktu. Jika berada dibawah sinar matahari, akan menyebabkan rasa panas.

5. Cuka. Bahan rumah tangga biasa lain yang direkomendasikan adalah cuka. Sifat antibakteri cuka ini membuatnya ideal untuk bekas gigitan. Masukan beberapa tetes pada bola kapas dan mengusapnya di gigitan. Jika Anda memiliki gigitan di seluruh tubuh, tuangkan beberapa cangkir di dalam bak mandi dengan air hangat lalu berendamlah.

6. Minyak esensial. Jika Anda kebetulan memiliki minyak pohon teh di rumah, sifat antiseptik alami dapat membantu meringankan gatal. Minyak lavender juga bermanfaat untuk menyembuhkan bekas gigitan. Lavender berasal dari bahasa latin lavare yang berarti untuk mencuci. Olesan minyak lavender dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan ketidaknyamanan.

7. Madu. Madu ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Hal ini dapat digunakan sebagai salep anti-bakteri topikal untuk menjaga luka gigitan, dan sifat anti-inflamasinya akan membantu mengurangi pembengkakan.

8. Aloe vera/ Lidah buaya. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, potong sebagian daging dari daun untuk mengekstrak gel. Anda dapat menerapkan gel langsung ke gigitan, atau memasukkannya ke dalam lemari es selama 10 menit untuk didinginkan sebelum dipakai. Kualitas antiseptik alaminya akan mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal.

9. Kantong Teh. Anda mungkin tahu bahwa Anda dapat menempatkan kantong teh pada mata Anda untuk mengurangi bengkak. Hal ini berlaku juga pada gigitan nyamuk.

10. Sebuah tamparan. Hal lain yang dapat Anda coba dalam keadaan darurat. Sebuah tamparan bekas gigitan akan menyebabkan rasa sakit. Kemudian otak Anda akan mengingatnya sebagai rasa sakit. Hal itu akan menggantikan rasa gatal.