Penemuan Spesies Baru Katak di Peru

By , Sabtu, 11 Juni 2016 | 19:00 WIB

Pristimantis pluvialis adalal katak spesies baru yang tinggal di hutan lembab sub-montana, wilayah Peru Cusco. Katak baru ini mirip dengan spesies lain dalam genusnya, yaitu menunjukkan pengembangan langsung. Ini berarti bahwa ia mampu menjalani seluruh siklus hidup tanpa tahap berudu hidup bebas.

Menurut tim yang dipimpin oleh Alex Shepack dari Universitas Illinois Selatan, Pristimantis pluvialis dapat dibedakan dari katak Pristimantis lain. Perbedaan berupa suara, tekstur kulit, dan kehadiran papilla rostral.

Katak ini biasanya berwarna oranye-coklat dengan tanda coklat samar. Katak dewasa dapat berukuran antara 21-29 mm dan betina lebih besar daripada laki-laki.

Panggilan pluvialis Pristimantis dapat digambarkan sebagai satu catatan 'tok', yaitu sekitar 23-58 ms dalam durasi.

"Panggilan katak pria berasal dari rumput, semak, dan dibawah pohon-pohon hutan pegunungan  pada di malam hari, serta mencolok setelah hujan deras," kata Shepack dan rekan-rekannya.

Dengan penambahan katak baru ini, genus Pristimantis sekarang berisi 474 spesies yang dikenal.

Pristimantis pluvialis ditemukan di daerah di mana beberapa peneliti, termasuk penulis, telah bekerja sebelumnya.Hal ini menunjukkan bahwa upaya survei lanjutan sangat diperlukan untuk mencapai pemahaman yang penuh keragaman Herpetologis di daerah ini.

Pristimantis pluvialis dijelaskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Jurnal Zoo Keys.