<i>Tyrannosaurus Rex</i> Tak Semenakutkan Seperti di Film Jurrasic Park

By , Jumat, 1 Juli 2016 | 12:00 WIB

Tyrannosaurus rex merupakan dinosaurus karnivora terbesar. Bintang  film "Jurassic Park" ini selalu digambarkan menakutkan dengan giginya yang terlihat tajam. Tetapi mungkin pada kenyataannya tidak terlalu menakutkan seperti yang diasumsikan sebelumnya.

Ahli paleontologi mengungkapkan bahwa T. Rex ditutupi bulu. Selain itu, menurut para ahli kemungkinan T. Rex memiliki bibir dan gusi  tebal yang melindungi gigi mereka.

"Bukti yang ada akan membuktikan bahwa tidak satupun dari hewan-hewan ini memiliki gigi yang mencuat dari mulut mereka," Robert Reisz, profesor dan spesialis paleontologi vertebrata di Universitas Toronto, mengatakannya kepada CBC News.

"Mereka terlihat lebih garang, tapi itu mungkin tidak nyata."

Bukti untuk T. Rex dengan gusi dan bibir sepenuhnya dikembangkan dari enamel pada gigi. Dalam presentasi 20 Mei pada pertemuan tahunan Kelompok Paleontologis Vertebrata Kanada di Ontario, Reisz menjelaskan bagaimana enamel, karena kadar air yang rendah, membutuhkan jumlah air liur untuk tetap terhidrasi. Untuk itu, hewan tanah seperti T. rex akan membutuhkan gusi dan bibir sama seperti reptil modern yang memilikinya untuk menjaga gigi tidak kering dan menjadi rusak.

Reisz mengatakan satu-satunya pengecualian adalah buaya, yang menghabiskan banyak waktu di dalam air dan tidak memerlukan bibir untuk perlindungan. "Gigi mereka terus terhidrasi oleh lingkungan air," tambahnya.

Sama seperti mulut Komodo, T. rex mungkin menggigit mangsanya di balik bibirnya. Demikian juga, gigi yang muncul jauh lebih kecil karena adanya gusi yang tebal.

Paleoartist Paul Conway pada tahun 2013 sebenarnya mengilustrasikan T. Rex dengan bibir dan gigi tersembunyi. "Fosil dinosaurus telah ditangkap oleh paleoart - dan itu cukup bagus, bahwa bukti fosil benar-benar ada dibalik seni," katanya kepada Inverse.

Selama bertahun-tahun, seniman telah menggambarkan dinosaurus berdasarkan bagaimana penampakan mereka, yaitu lebih mirip burung, berdarah panas dan atletis. "Saya pikir realitas yang kita ketahui tentang dinosaurus adalah mereka tampak jauh lebih sedikit mengerikan dan mungkin, agak lebih menarik dan konyol," tambahnya.