Mengapa Bersin Biasanya Berulang Sampai Tiga Kali?

By , Sabtu, 11 Juni 2016 | 15:00 WIB

Bersin biasanya datang tidak hanya sekali, namun kadang dua atau tiga kali. Beberapa bersin dapat tampak berlebihan, tetapi mereka benar-benar membantu kita dalam membersihkan sumber iritasi agar keluar dari saluran udara. Hal ini diungkapkan oleh Dr Jordan S. Josephson, spesialis sinus di Rumah Sakit Lenox Hill di Kota New York.

"Biasanya, Anda bersin karena ada partikel asing di hidung. Bersin adalah cara untuk membuatnya keluar," kata Josephson kepada Live Science.

"Bagi orang yang bersin tiga kali berturut-turut, salah satu bersin mungkin mengendurkan sumber iritasi, bersin kedua menempatkannya ke depan hidung dan bersin ketiga mendorongnya keluar," katanya.

Ada sejumlah iritasi yang dapat memicu bersin. Infeksi virus pernapasan, seperti pilek, dapat mengganggu selaput lendir di hidung. Lalu, bisa juga udara dingin, alergi seperti serbuk sari dan hewan peliharaan; iritasi fisik seperti asap dan polusi; serta iritasi akibat partikel lingkungan seperti debu dan jamur.

Tapi tidak semua bersin terkait dengan iritasi. Beberapa orang bersin ketika mereka menatap ke matahari—sebuah kondisi yang dikenal sebagai bersin fotik yang mempengaruhi antara 10 sampai 35 persen dari populasi. Bahkan beberapa orang ada yang bersin ketika perut mereka penuh—suatu kondisi yang dikenal sebagai snatiation.