Mahasiwi Ini Berhasil Identifikasi 4 Calon Planet Baru

By , Senin, 13 Juni 2016 | 10:00 WIB

Obsesi mahasiswi berusia 22 tahun terhadap "Star Trek" membantunya membuat penemuan astronomi. Michelle Kunimoto, bekerja membantu profesor Universitas British Columbia, Jaymie Matthews. Saat itu, ia sedang mencari data dari Misi Kepler NASA dengan harapan menemukan planet yang mungkin terlewatkan oleh peneliti lain.

Kunimoto dia tidak hanya menemukan satu calon planet, melainkan empat eksoplanet baru yang potensial, atau planet di luar tata surya, yang dianggap sebagai kandidat planet kandidat sampai secara independen dikonfirmasi.

Kunimoto mengatakan franchise fiksi ilmiah yang pertama memicu cintanya pada astronomi. (Baca : Ilmuwan Temukan Bukti Mars Alami Zaman Es)

"Aku terkesima itu ketika ayah memperkenalkan saya dan adik seri 'Star Trek' yang asli," katanya.

Kunimoto paling bersemangat dengan salah satu planet. Ia memperkirakan planet tersebut berukuran planet Neptunus, karena mungkin memiliki lingkungan air yang sempurna.

"Suhunya (planet) didasarkan dari perhitungan saya, sebenarnya masih dalam kisaran pembekuan dan titik didih air, sehingga bisa memiliki air cair di permukaannya," katanya.

(Baca pula : Dengan Bantuan Teh, Manusia Bisa Hidup di Mars)

Astronomical Journal saat ini sedang meninjau planet-planet temuan Kunimoto. Kunimoto pun berencana kembali ke UBC pada musim gugur untuk memulai program master di bidang fisika dan astronomi.