Kekuatan Hebat dari Kursi Roda Segala Medan

By , Selasa, 5 Juli 2016 | 19:30 WIB

Kaum difabel tak perlu risau lagi jika ingin bepergian ke medan yang susah ditempuh dalam rode kursi biasa. Kali ini Toyota/Deka berhasil membuat kursi roda yang dapat berjalan di medan-medan berat.

Kursi roda hebat ini bernama iBot. iBot adalah kursi roda bermotor four-wheel-drive yang mampu berjalan di medan kasar, bahkan memanjat tangga. Mesin buatan Toyota/Deka ini mampu berdiri dengan dua roda dan bisa menambah ketinggaian jika pengguna ingin menjangkau almari atau rak.

Roda kursi ini juga membuat pengguna nyaman ketika mengobrol dengan orang dewasa yang sedang berdiri. Mesin dapat mengalihkan kerangka four-wheel-nya, mengangkat roda depan, dan berdiri seimbang di dua roda belakang hanya untuk mencapai ketinggian yang diinginkan. Walaupun hanya berdiri dengan satu roda, iBot mampu menjaga keseimbangan karena adanya Segway, yaitu kerangka gyroscopic yang dibuat oleh Dean Kamen.

Kursi roda ini berhasil dibuat setelah Toyota Motor Corp menanam uang US $1 milyar untuk memprakarsa robotik dan kecerdasan buatan. Lalu Toyota juga bekerja sama dengan Deka Research and Development milik Dean Kamen yang telah mengembangkan kursi roda iBot sejak tahun 1999.

Dengan spesifikasi sehebat ini, lalu muncul pertanyaan, berapa harganya?

Sebenarnya, sampai saat ini Toyota dan Deka belum mengumumkan harganya. Tetapi versi asli harganya mencapai US $25.000 atau sekitar 339 juta rupiah. Sebagai perbandingan, kursi roda biasa harganya US $3.500 atau sekitar 47,5 juta rupiah.