Goyafa, Masker Pengangkat Komedo Hasil Ciptaan Mahasiswa ITB

By , Selasa, 21 Juni 2016 | 20:00 WIB

Wajah adala bagian tubuh yang paling banyak dirawat, terutama oleh wanita. Hampir semua orang menginginkan wajah yang mulus tanpa jerawat maupun komedo. Maka produk kecantikanlah yang banyak diburu. Sangat penting untuk mencari produk kecantikan yang cocok untuk kulit kita.

Hal itulah yang membuat Debi Damayanti, salah satu peneliti dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat produk kecantikan. Produk ciptaannya bernama Goyafa, sebuah masker pengangkat komedo. Menurutnya, Goyafa aman terhadap kulit dibandingkan produk atau cara lain dalam mengangkat komedo.

Goyafa berbentuk gel. Pengguna tinggal mengoleskannya pada kulit wajah yang berkomedo. Gel tersebut akan mengecilkan ukuran komedo, sehingga ketika gel kering dan akan dikelupas, komedo dapat terangkat dengan mudah.

Bahan dasar masker Goyafa adalah daun jambu biji. Setelah melakukan penelitian selama bulan Januari sampai September 2015, akhirnya masker berhasil dibuat dan siap dipasarkan.

Zat pada daun jambu biji inilah yang melakukan penetrasi menembus pori-pori dan mengecilkan komedo, sehingga mudah diangkat. Cara ini berbeda dengan pengangkat komedo lainnya yang terkesan memaksa. Contohnya perekat yang biasa akan mengangkat komedo secara paksa.

Begitu juga yang terjadi di salon. Salon menggunakan komedo extractor  untuk mengangkat komedo. Cara ini bahkan menggunakan alat keras dengan cara yang kasar. Padahal pengangkatan komedo dengan cara ini akan menimbulkan rasa sakit serta membuat kulit menjadi kemerahan.

Selain terasa sakit, pengangkatan komedo dengan cara kasar juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Karena itulah, menurut Febi, Goyafa sangat cocok digunakan karena tidak meimbulkan rasa sakit dan masalah kesehatan lainnya.