Riwayat Pencarian di Internet Terkait dengan Masalah Kesehatan

By , Rabu, 22 Juni 2016 | 10:00 WIB

Apa yang kita cari di internet mungkin menawarkan petunjuk tentang masalah kesehatan, bahkan sebelum kita menyadarinya. Hal ini dilihat dari riwayat pencarian kita di internet. (Baca : Telusuri Potensi Kanker Prostat dari Riwayat Keluarga)

Peneliti melihat sampel besar dari hasil pencarian di mesin pencari Microsoft, Bing. Berdasarakan sampel tersebut, mereka mengidentifikasi orang yang menderita kanker pankreas sebelum mereka didiagnosis dengan penyakit ini. Ini menunjukkan bahwa riwayat pencarian terkait dengan masalah kesehatan. Penelitian ini diterbitkan dalam The Journal of Oncology Practice.

Kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang paling agresif. Selain itu, penderita kanker ini dipredikisi hanya memiliki lima tahun untuk dapat bertahan hidup. Itu mengapa deteksi dini kanker pankreas menjadi sangat penting, karena melalui riwayat pencarian di internet tersebut terkait dengan masalah kesehatan.

Penelitian ini berdasarkan penelusuran dari riwayat pencarian, orang yang mengalami gejala awal dari penyakit ini mencari artikel lebih lanjut terkait seperti kulit kuning, sakit perut atau punggung, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Para ilmuwan mengatakan hasil studi ini dapat mengarah pada pembentukan pelayanan kesehatan khusus yang bisa memantau website dan mendorong pencari untuk menjalani tes awal.

Data dalam penelitian ini tidak terkait dengan pengguna, sehingga para pencari kata kunci gejala kanker pankreas tidak bisa diidentifikasi. (Baca pula : Pengguna Internet Mempengaruhi Gaya Hidup Global)

Sebelumnya, penelitian serupa telah dilakukan untuk mendeteksi dini epidemi flu dan reaksi obat yang merugikan.