Anak yang Mengonsumsi ASI Saat Bayi, Berperilaku Lebih Baik di Sekolah

By , Sabtu, 25 Juni 2016 | 16:00 WIB

Sebuah studi memperkuat keyakinan lama bahwa menyusui atau pemberian ASI merupakan gizi terbaik untuk bayi. Penelitian ini dilakukan pada 1.500 anak-anak di Afrika Selatan yang berusia antara 7 dan 11 tahun.

(Baca : Menyusui Kurangi Tingkat Kematian Bayi dan Resiko Kanker Payudara)

Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa anak-anak yang minum ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan berperilaku lebih baik di sekolah daripada mereka yang diberi ASI kurang dari satu bulan.

Para ahli dari Glasgow University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa ini menunjukkan jika ASI untuk bayi memiliki manfaat luar biasa terkait kesehatan fisik. Mereka merekomendasikan bahwa ibu mesti menyusui bayinya secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan, baru kemudian secara bertahap memperkenalkan bayi dengan makanan lain.

Selain penelitian dari Universitas Glasgow, Departemen Psikiatri, Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serika sempat melakukan penelitian serupa. Mereka menemukan pada 100.000 partisipan berusia 10 bulan hingga 18 tahun, bahwa ASI secara signifikan memengaruhi kepribadian anak di masa depan.

(Baca pula : Manfaat Menyusui bagi Wanita Penderita Kanker Payudara)

“Ini merupakan indikasi jika memberi ASI selama pertumbuhan dapat memiliki efek pada anak,” kata  Dr Katherine Hobbs Knutson perwakilan dari Departemen Psikiatri Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serika