Astronom Mendeteksi Exoplanet termuda

By , Sabtu, 25 Juni 2016 | 15:00 WIB

Para astronom mengatakan telah menemukan planet termuda yang pernah ditemukan di luar sistem tata surya kita. (Baca : Jejak Oksigen Tertua di Alam Semesta)

Planet yang disebut K2-33b terdeteksi oleh teleskop ruang angkasa Kepler. K2-33b merupakan exoplanet termuda, ia berjarak hanya lima sampai 10 juta tahun cahaya. K2-33b berukuran sedikit lebih besar dari Neptunus, namun tak seperti Neptunus, yang mengorbit matahari setiap 165 tahun, ia justru berjalan di sekitar bintangnya setiap lima hari. K2-33b berjarak 10 kali lebih dekat ke bintangnya dibandingkan jarak Merkurius ke matahari.

"Bumi kita kira-kira berusia 4,5 miliar tahun," kata Trevor David dari Caltech di Pasadena.

"Sebagai perbandingan, planet K2-33b sangat muda. Anda mungkin berpikir itu sebagai bayi," ungkap penulis utama studi yang diterbitkan secara online 20 Juni 2016, di journal Nature.

Bagaimana planet terbentuk masih menjadi misteri, terutama planet-planet besar yang mengorbit begitu dekat dengan bintang-bintang mereka. Sebagian besar (hampir 3.000 atau lebih) exoplanet yang berada di luar tata surya kita telah ditemukan. Mereka berada di sistem bintang yang berusia setidaknya satu miliar tahun.

Ada dua teori tentang bagaimana K2-33b terbentuk. Satu menyatakan bahwa ia "bermigrasi" atau yang biasa disebut astronom sebagai disk migration. Proses itu memakan waktu ratusan ribu tahun, kemungkinan itu lah cara yang paling memungkinkan untuk K2-33b terbentuk. Teori lainnya adalah bahwa K2-33b terbentuk dari "in situ," atau terbentuk di posisinya saat ini.

Para peneliti mengatakan telah ada exoplanet lainnya yang jauh lebih tua ditemukan mengelilingi matahari dengan sangat erat. Namun, bagaimana sebuah planet besar seperti K2-33b bida sampai di sana justru lebih membingungkan.

Teleskop Kepler mendeteksi K2-33b, exoplanet termuda menggunakan proses yang disebut metode transit, di mana bintang akan meredup sedikit seperti planet yang lewat di depannya. (Baca pula : Planet Karbon, Jejak Potensi Kehidupan di Alam Semesta Dini)

Masalah yang sama pada jurnal Nature juga memaparkan temuan exoplanet baru yang mengorbit sebuah bintang yang disebut V830. Exoplanet tersebut berjarak 420 tahun cahaya dari Bumi. Ia merupakan planet seukuran Jupiter yang mengorbit satu hingga 20 jarak dari Bumi ke matahari.