Mengenal Lava 'Skylight', Fenomena Geologi yang Tak Banyak Orang Tahu

By , Minggu, 26 Juni 2016 | 11:00 WIB

Di gunung berapi Kilauea di Hawaii, fenomena geologi menakjubkan terjadi setiap hari. (Baca : Danau Lava di Hawai Muntahkan Telur Naga ?)

Dalam beberapa pekan terakhir, Kilauea, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, telah terlihat berproses menghasilkan lava baru. Proses ini pula yang telah menyebabkan beberapa aktivitas membingungkan. Salah satunya disebut dengan skylight. Ini mungkin merupakan fenomena geologi yang paling keren yang pernah terlihat.

Secara alami kita dapat mengintip apa yang sebenarnya terjadi di bawah permukaan, dengan sesuatu yang disebut lava "skylight."

Sederhananya, suatu lava skylight adalah sebuah lubang di atas sebuah saluran lava bawah tanah. Ketika sebagian saluran runtuh, lubang mengungkapkan sungai yang mengalirkan lava dari dalam.

Skylight lava (USGS)

Foto-foto ini diambil dari atas helikopter. Foto tampak sedikit menipu, karena skylight tampak lebih kecil daripada yang sebenarnya. Salah satu dari foto di atas, misalnya, menurut situs Volcano Observatory Hawaii, ia memiliki sekitar diameter 20 kaki.

(Baca pula : Peneliti Ciptakan Lava Buatan)

Hal yang paling menarik tentang skylight adalah pemandangan langka yang mereka berikan dari apa yang terjadi di bawah permukaan. Seringkali, ada arus yang cepat bergerak dalam saluran lava, atau hanya memperkirakan kecepatan aliran lava yang terlihat dalam skylight pada tingkat 1 hingga 2 meter per detik, meskipun belum ada cara untuk ilmiah mengukur kecepatan lava dalam saluran.