Ramadhan Anak Rantau di Jerman

By , Rabu, 29 Juni 2016 | 16:00 WIB

Yori Agung, mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan ekonomi di Sekolah Tingga Bonn-Rhein-Sieg, Rheinbach, Jerman, mengaku menjalankan puasa tanpa keluarga adalah hal yang berat. Di sana, untuk kali pertama ia berpuasa selama 18 jam.

Ramadhan di Jerman jatuh pada musim panas. Hal tersebut yang menyebabkan Yori harus menjalankan puasa sekitar 18 jam. Namun tekadnya tetap kuat untuk terus menjalankan ibadah puasa secara maksimal.

Berpuasa tanpa kehadiran keluarga menjadi hal berat yang mesti dihadapi Yori di perantauannya. Ia mengakui jam buka puasa menjadi terasa lama tanpa kehadiran keluarga bersamanya.

Pada hari pertama puasa, pisang menjadi andalan Yori untuk menjaga agar tetap memiliki energi untuk menjalankan aktivitas. Hal tersebut rupanya terjadi akibat dirinya yang telat untuk melaksanakan sahur.

Yori rupanya merindukan makanan dengan citarasa pedas di hari pertamanya menjalankan puasa di Jerman. Ayam bumbu rica menjadi menu utama yang ia masak bersama kawan-kawannya untuk berbuka puasa.

Kolak pisang juga menjadi salah satu menu penutup yang ditunggu-tunggu oleh Yori. Tanpa menu satu ini, pria asal Rengat, Riau itu merasa ada yang kurang di bulan Ramadhan ini. Kurma pun tidak pula absen dari daftar menu selama bulan puasa di Jerman.

!break!

Tanpa kehadiran keluarga, tentu saja kawan-kawan di Jerman menjadi pengganti sosok mereka. Kawan-kawannya senantiasa selalu mendukung Yori dalam menjalankan ibadah puasanya, meski tanpa sanak keluarga di sisinya.

Rupanya tak hanya Yori yang menjalankan ibadah puasa di Jerman. Sejumlah mahasiswa yang juga kawan Yori asal Marokko dan Palestina juga turut berpuasa selama bulan Ramadhan.

Puasa tak menjadi penghalang bagi Yori untuk terus aktif beraktivitas. Hal tersebut ia buktikan dengan hobby olahraga basketnya yang seringkali ia lakukan menjelang jam berbuka puasa bersama kawan-kawannya.

Kegiatan bepergian yang dilakukan Yori dari kota ke kota lain di Eropa tak jarang memaksanya untuk berbuka puasa di perjalanan. Bekal berbuka yang sering ia bawa adalah tempe dan sambal.