Tips Agar Perjalanan Mudik dengan Pesawat Lancar dan Nyaman

By , Jumat, 1 Juli 2016 | 13:00 WIB

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran sudah di depan mata. Sudah menjadi tradisi, momen menjelang lebaran menjadi kesempatan bagi masyarakat yang merantau untuk mudik ke kampung halaman.

Setiap tahun menjelang lebaran, para pemudik memadati bandara, pelabuhan, terminal maupun stasiun. Bagi anda yang berencana mudik menggunakan moda transportasi pesawat, sebaiknya siapkan strategi agar perjalanan dapat berjalan mulus.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu agar perjalanan mudik Anda nyaman dan lancar, seperti dirilis oleh Traveloka, perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring:

1. Tiba di bandara setidaknya 3 jam sebelum waktu keberangkatan Berangkatlah lebih awal karena kemungkinan besar perjalanan menuju bandara akan lebih macet dari biasanya. Selain itu, antrean untuk check-in, pemeriksaan keamanan, dan imigrasi akan lebih panjang saat musim liburan. Dengan tiba lebih awal, Anda tidak akan terburu-buru sekaligus terhindar dari risiko ketinggalan pesawat.

2. Lakukan online check-in Dengan online check-in, Anda bisa melakukan check-in lebih awal melalui situs web atau aplikasi mobile milik maskapai. Hal ini bisa menghemat banyak waktu karena Anda tidak perlu lagi menunggu antrean di konter check-in, terutama bagi Anda yang tidak membawa bagasi.

3. Pastikan bagasi Anda tidak melebihi kapasitas Selain menambah pengeluaran perjalanan, bagasi berlebih juga bisa menghambat proses check-in Anda.

4. Pastikan Anda membawa KTP/paspor dan dokumen penting lainnya Pastikan Anda menyimpan dokumen-dokumen penting seperti e-tiket, boarding pass, serta KTP/paspor di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini berguna untuk mempersingkat waktu dan memastikan kenyamanan pada setiap proses pemeriksaan.