Mariyuana Kemungkinan Bermanfaat untuk Pasien Alzheimer

By , Selasa, 5 Juli 2016 | 08:00 WIB

Dalam uji laboratorium, suatu bahan aktif dalam mariyuana, THC, mencegah pembentukan plak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

Suatu substansi yang ditemukan dalam mariyuana kemungkinan dapat menghilangkan plak di otak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi baru.

Baca: Kenangan yang Hilang pada Penderita Alzheimer Bisa Pulih

Menulis dalam jurnal ?Aging and Mechanisms of Disease, para peneliti dari Salk Institute mengatakan bahwa senyawa kimia THC (tetrahidrokanabinol) dan komponen-komponen aktif lainnya dalam mariyuana dapat "mendorong hilangnya protein beta amyloid beracun yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer" dalam syaraf-syaraf yang ditumbuhkan di laboratorium.

Alzheimer adalah penyakit degeneratif otak yang menyebabkan hilangnya memori dan demensia. Menurut Lembaga Kesehatan Nasional, penyakit itu diderita oleh lebih dari lima juta orang di Amerika.

Akumulasi beta amyloid dalam sel-sel syaraf telah dikaitkan dengan Alzheimer, dan biasanya muncul sebelum ada gejala-gejala penyakit tersebut. Namun para peneliti masih belum yakin bagaimana ia terbentuk.

Baca pula: Kandungan CBD Pada Ganja Bantu Obati Epilepsi

Meski uji-uji itu hanya dilakukan pada sel-sel di laboratorium, para peneliti berpendapat penelitian lebih lanjut dapat menghasilkan "terapi baru" untuk memberantas Alzheimer