Lewat Symptom Search, Google Bantu Kita Diagnosis Penyakit Sendiri

By , Minggu, 3 Juli 2016 | 11:00 WIB

Saat bagian tubuh kita gatal, biasanya kita akan mencari ‘nasihat’ medis gratis dari Google. Namun, akibat hasil pencarian yang terlalu banyak, kita dapat salah mendeteksi reaksi alergi yang kita alami, yang bisa berakibat fatal.

Atas dasar kasus seperti itulah selama beberapa hari ke depan Google meluncurkan fitur yang disebut ‘Symptom Search’ (pencarian gejala), yang dirancang untuk menunjukkan hasil yang lebih baik pada aplikasi Google untuk iOS atau Android.

Lewat fitur ini, pencarian yang dilakukan akan mencakup deskripsi seperti "anak dengan nyeri lutut" akan kembali daftar kondisi terkait. (Baca : Riwayat Pencarian di Internet Terkait dengan Masalah Kesehatan)

Mengetikkan gejala sederhana seperti "sakit kepala" akan menampilkan gambaran umum dari masalah kita, pilihan untuk pengobatan mandiri, dan saran pada apakah kita harus pergi ke dokter atau tidak.

Banyak hasil pencarian akan menampilkan kartu kondisi, yang Google luncurkan Februari lalu, dan ini mungkin termasuk ilustrasi. Hasil pencarian lain juga akan muncul sebagai kartu yang dapat Anda digeser untuk melihat informasi lebih lanjut.

Google mengatakan bahwa sekitar 1 persen dari pencarian ini terkait dengan gejala yang dialami, sehingga Google ingin membantu dengan mengirim orang-orang hasil yang bermanfaat.

Perusahaan membuat daftar gejala ini dengan memutar hasil web untuk menemukan kondisi kesehatan, kemudian membandingkannya dengan informasi medis dari dokter yang menggunakan Grafik Pengetahuan nya. Google juga mendapat bantuan dari para ahli di Harvard Medical School dan Mayo Clinic.

Di masa depan, Google berencana memperluas ‘Symptom Search’dari hanya bahasa Inggris menjadi beragam bahasa di dunia. Perusahaan juga berharap untuk membawa fitur ini ke browser desktop di masa depan.

(Baca pula : Google Luncurkan 'Faster' Untuk Akses Internet Tercepat)

Tentu saja, banyak perusahaan sudah menawarkan aplikasi gejala-memeriksa, sehingga Google mungkin memiliki waktu yang sulit mendapatkan beberapa orang untuk beralih dari kebiasaan lama dengan WebMD atau Symptomate.