Teleskop Terbesar di Dunia Siap untuk Berburu Alien

By , Rabu, 13 Juli 2016 | 20:00 WIB

Pemerintah Cina telah selesai membangun sebuah radio teleskop terbesar di dunia seharga 180 juta dollar yang akan digunakan untuk mencari dan meneliti kehidupan alien.

Terdapat 4,450 panels yang digunakan sebagai reflektor dari teleskop yang besarnya seukuran 30 kali lapangan sepak bola itu telah diposisikan pada Minggu pagim berdasarkan rilis pers dari Chinese Academu of Sciences.

Five-hundrer-meter Aperature Spherical Telescope, atau FAST, akan berlokasi di barat daya provinsi Guizhou. Benda itu selesai setelah beberapa bulan kemudian pemerintah mengungumamkan rencana untuk merelokasikan 9,110 orang dari rumahnya untuk membuat jalan bagi alat raksasa itu.

"Sebagai teleskop terbesar di dunia yang akan berlokasi di daerah yang sangat tenang, dampak ilmiah bagi dunia astronomi akan sangat luar biasa, dan pasti akan merevolusi area lain dalam ilmu-ilmu alam," ujar Nan Rendong, ilmuwan kepala proyek ini pada Xinhua News Agency.

Tidak seperti teleskop optik yang mengumpulkan dan fokus cahaya, teleskop radio ini juga mendeteksi frekuensi radio, termasuk dari objek langit, putaran bintang neutron, keaktifan galaksi. Dengan diameter sekitar 1,640, fAST mengalahkan Arecibo Observatory di Puerto Rico, yang sebelumnya memegang rekor dengan diameter 1,000 kaki.

Tim O'Brien, seorang profesor astrofisika di University of Manchester di Inggris, mengatakan pada New Scientist bahwa ukuran teleskop adalah kunci potensial yang memberi dampak pada eksplorasi ilmu pengetahuan.

FAST akan membantu para astronom untuk melakukan survei hydrogen yang ada di galaksi, mendeteksi molekul di ruang angkasa, mencari gelombang radio natural dari planet yang mengorbit pada bintang lain, dan mencari sinyal dari radio yang menunjukkan keberadaan alien, jelas O'Brien pada media.

Pengerjaan konstruksi FAST dimulai pada 2011 lalu, dan pengoperasiannya diperkirakan akan mulai pada September.

"FAST berpotensi untuk menelusuri keberadaan alien, 5 sampai 10 kali lebih canggih dari peralatan yang ada saat ini, karena mampu melihat planet yang letaknya jauh dan lebih gelap," ujar Peng Bo dari National Astronomical Observation pada Xin Hua.

Jika alien menelepon rumah, FAST akan mendengarkannya.