Mengeksplorasi Keragaman Alam Indonesia Lewat Kontes Foto

By , Jumat, 15 Juli 2016 | 15:20 WIB

Alam Nusantara membentuk beragam bentang alam di sepanjang pinggang Bumi. Tengoklah keragaman bumi Khatulistiwa ini: puncak gunung berselimut salju di Papua, rimba raya tersebar di pulau-pulau, lambaian nyiur di pantai berpasir putih, terumbu karang di perairan nan jernih, hingga hamparan padang rumput. Di atas daratannya, kehidupan manusia membentuk keragaman budaya yang telah berkembang sejak dahulu kala.

Kepulauan negeri ini hasil pergulatan lempeng-lempeng Bumi, yang membentuk kondisi geologi yang menakjubkan. Sisi Barat Nusantara menghidupi satwa liar dari daratan Benua Asia: gajah, badak, harimau, kerbau liar, dan banteng. Sementara sisi Timur, kehidupan alamnya hasil pertautan dengan Benua Australia: hewan berkantung, burung cendrawasih, dan kakatua.

Di antara dua sisi itu, membentang kawasan Wallacea, yang menempuh evolusi alamiah secara mandiri. Hasilnya: flora dan fauna yang amat khas, yang tak ditemukan di belahan Bumi yang lain. Deretan gunung api berbaris dari sisi Barat hingga Timur: di atas daratan maupun di dalam lautan. Di sela lembah-lembah pegunungan, mengalir sungai-sungai yang tumpah di samudra raya. Ceruk-ceruk tanah karst membentuk liang bumi, yang tak jarang juga menjadi tandon air bersih untuk umat manusia.

Daihatsu sebagai sahabat masyarakat Indonesia mengeksplorasi keragaman alam dan budaya Indonesia dengan mengadakan kompetisi “Funtography 2” yang digelar pada 18 Mei – 18 Juni 2016.  Kompetisi foto ini terbagi menjadi dua kategori yang diikuti oleh peserta, yang datang dari seluruh Indonesia. Yang pertama adalah #FunWithNature, di mana peserta bisa menga­badikan momen serunya berinteraksi dengan alam bersama sahabat-sahabat mereka. Kedua, #FunWithTerios yang menggambarkan bagaimana petualangan seru peserta dengan Daihatsu Terios sebagai sahabat petualang.

Seperti yang telah diketahui, daihatsu terios  merupakan mobil bertipe SUV dengan fitur 7 seater yang sangat nyaman dan cocok untuk berpetualang menembus alam. Tangguh pada medan-medan sulit yang juga selalu disuguhkan ketika menjelajahi alam. Sebelumnya, Daihatsu telah melaksanakan “Funtography 1” dengan tema keseruan sahabat muda.

Pada kesempatan kali ini, Daihatsu Indonesia bekerja sama dengan national geographic indonesia untuk menyukseskan ”Funtography 2”. Setelah melalui pejurian alot, Daihatsu Indonesia dan national geographic indonesia telah menetapkan para pemenang yang dapat dilihat pada halaman ini. Terdapat masing-masing 3 orang pemenang dalam kategori #FunWithNature dan #FunWithTerios. Mereka berhasil menyisihkan lebih dari 3.000 karya foto yang masuk hingga kompetisi ditutup. Selamat bagi para pemenang!