Sulitnya Akses Nihiwatu Jadi Kendala, Arief Yahya Akan Tingkatkan Status Jalan Provinsi

By , Rabu, 20 Juli 2016 | 08:00 WIB

Kehadiran Nihiwatu Resort sebagai Hotel Terbaik di Dunia menurut Majalah Travel+Leisure menjadikan Sumba Barat, Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu daerah pariwisata yang membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah.

Seperti yang disampaikan Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Bapawole dalam konferensi Nihiwatu '#1 Hotel in the World' by Travel+Leisure di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, pada Senin (18/07/2016), sejumlah kendala akses menuju Nihiwatu membutuhkan perhatian pemerintah.

"Terus terang kami punya kendala. Karena prasarana yang ada di sana, jalan menuju ke hotel Nihiwatu itu yang membuat tamu kita mengharapkan pemerintah kabupaten Sumba Barat untuk bisa melakukan lebih baik lagi," ujarnya.

Akses jalan menuju Nihiwatu sendiri merupakan sebuah jalan provinsi. Hal tersebut menyebabkan kendala bagi para tamu Nihiwatu untuk dapat mencapai resort terbaik dunia itu. Niga berharap agar jalan akses menuju Nihiwatu untuk segera diperbaiki oleh pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya menginginkan jalan provinsi yang menjadi akses menuju Nihiwatu untuk dinaikan tingkatnya menjadi jalan nasional.

"Kita perlu meningkatkan status jalan provinsi menjadi jalan nasional sehingga kami bisa melakukan intervensi," jelas Arief.

Dilakukannya intervensi tersebut akan memudahkan pemerintah untuk melakukan sejumlah perbaikan infrastruktur dan sarana yang ada di sana. Hal tersebut dilakukan dengan kerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Kementerian Perhubungan.