Uji Militer Angkatan Laut AS Sebabkan Gempa di Florida

By , Senin, 25 Juli 2016 | 13:00 WIB

Guncangan yang dilaporkan pada 16 July 2016 di laut Florida dipastikan bukan berasal dari gempa bumi, namun sebuah uji coba ledakan militer.

U.S. Geological Survey sekarang melakukan list gempa bumi yang disebabkan oleh ledakan eksperimental oleh militer Amerika.

Berdasarkan DefenseNews.com, ledakan seberat 10,000 pound itu digunakan untuk menguji ketahanan kapal perang, USS Jackson. Pihak resmi militer sendiri telah memberitahukan sejumlah media bahwa mereka akan segera merilis pernyataan tentang uji kapal perang tersebut.

Instrumen USGS menunjukkan gempa memiliki kekuatan 3,7 skala Richter, yang menurut mereka sendiri telah menjadi gerakan seismik yang jarang terjadi di wilayah tektonik tenang. Florida sendiri terletak di lempeng kontinental Amerika Utara, dimana berarti gempa bumi jarang terjadi di area itu.

Lempeng yang aktif sebenarnya terletak di pantai barat, dimana lempeng Amerika utara berada di bawah lempeng Pasifik dalam sebuah proses yang disebut dengan subduksi.

Dari proses subduksi tersebut menyebabkan Kalifornia dan barat laut pasifik mengalami intensitas gempa yang lebih teratur.

Sebelumnya tidak pernah ada guncangan di pusat gempa bumi di bawah Florida, berdasarkan pernyataan dari Departemen of Enviromental Protection. Florida pernah merasakan guncangan dari gempat di luar pusat kota.

Contohnya pada September 1886, Florida mengalami sejumlah guncangan dari gempa bumi masif yang terjadi di Charleston, Karolina Utara, yang diperkirakan berkekuatan 7,3 skala Richter, berdasarkan data USGS.

Gempa tersebut adalah gempa bumi yang paling menghancurkan yang pernah terjadi di daeranh tenggara, dan menjadi tak biasa karena gempa terjadi dalam lempeng tektonik, bukan pada batas antara dua lempeng.

Para ilmuwan belum juga memahami bagaimana gempa bumi dapat terjadi dalam lempeng, berdasarkan Incorporated Research Institutes fo Seismology, sebuah konsorsium banyak universitas yang mengumpulkan data seismologi.

Uji militer angkatan laut Florida, yang berjarak 104 mil timur - timur laut dari Pantai Daytona, itu bukanlah guncangan pertama yang tidak diakibatkan oleg gempa bumi. Dari data tahun 1997 mengenai sejarah gempa bumi di Florida, menunjukkan bahwa terdapat sekitar 24 insiden yang dilaporkan sejak 1727, hanya lima yang memang benar-benar disebabkan oleh gempa bumi.

Banyak kejadian, berdasarkan laporan sekitar tahun 1991, banyak yang tak memiliki sumber dan tidak dapat dikonfirmasi. Contohnya, tahun 1948, orang-orang di Pulau Captiva melaporkan adanya suara getaran pintu dan suara ledakan dari jauh.

Sejumlah guncangan sebenarnya dapat disebabkan karena adanya konstruksi, ledakan, maupun pesawat supersonik. Meskipun lapisan dingin langka di Florida, namun beberap area dingin mengalami "Frostquakes" dimana air tanah berkembang dalam lapisan beku terdalam yang menyebabkan suara kencang dan area sekitarnya bergetar.