Bagaimana Susu Kecoa Mampu Jadi Suplemen Protein Tinggi di Masa Depan?

By , Jumat, 29 Juli 2016 | 08:00 WIB

Sejumlah tim peneliti internasional menemukan bahwa terdapat kristal protein yang terkandung dalam bagian tengah saluran pencernaan dari lambung kecoa. Namun apa manfaatnya untuk kita?

Terdapat kandungan nutrisi yang besarnya empat kali dari kandungan pada susu sapi. Dan para peneliti berpikir bahwa susu kecoa ini akan menjadi kunci untuk memberikan asupan kepada populasi yang tengah tumbuh kedepannya.

Meskipun sebagian besar kecoa tidak menghasilkan susu, Diploptera punctate, satu-satunya kecoa yang melahirkan untuk tetap muda, telah menunjukkan bahwa mereka memiliki susu yang mengandung kristal protein  untuk menyusui anaknya.

Fakta bahwa serangga menghasilkan susu adalah hal yang sangat menarik. Namun yang membuat para peneliti tertarik adalah fakta bahwa kristal protein yang terkandung dalam susu kecoa itu memiliki kalori yang besarnya tiga kali dari susu biasa.

Susu perah dari kecoa tentunya bukan hal yang layak untuk dikonsumsi, sehingga tim peneliti mencoba untuk mencari urutan gen yang memungkinkan mereka untuk dapat melihat siapa yang sebenarnya menghasilkan kristal protein itu.

"Kristal itu seperti makanan yang lengkap - mereka memiliki protein, lemak, dan gula. Jika Anda mampu melihat urutan protein, mereka semua memiliki amino acid," ujar Sanchari Banerjee, salah satu anggota tim penelitian kepada Times di India.

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan jumlah kalori mereka per hari, susu kecoa ini akan menjadi cara yang mudah untuk menaikkan kalori dan nutrisi.

"Mereka sangat stabil. Mereka bisa jadi suplemen protein yang hebat,"ujar kepala peneliti Subramanian Ramaswamy.