Bicara Tinggi Badan, Pria Belanda Ungguli Bangsa Lainnya

By , Rabu, 27 Juli 2016 | 10:00 WIB

Ketika berbicara mengenai tinggi, pria Belanda dan wanita Latvia mengungguli bangsa lainnya. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Rata-rata tinggi pria Belanda saat ini adalah 183 cm, sementara itu wanita Latvia rata-rata memiliki tinggi 170 cm.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal eLife tersebut mengikuti perkembangan tinggi orang-orang di 187 negara sejak 1914.

Pria dan wanita di Amerika mengalami peningkatan tinggi hampir 6 cm dan 5 cm dari abad ke abad. Namun tahun 1914, pria Amerika menempati urutan ketiga orang-orang yang bertumbuh tinggi, dan wanitanya menempati urutan keempat.

Grafik tinggi kini dipenuhi oleh orang-orang dari negara-negara di Eropa. Namun data menunjukkan perkembangan tinggi secara keseluruhan terjadi di negara-negara Eropa bagian barat.

Pria terkecil di planet ini ditemukan di Timor Timur dengan tinggi 160 cm.

Sedangkan untuk wanita dengan tubuh paling kecil di dunia berasal dari Guatemala. Seabad yang lalu, rata-rata tinggi wanita Guatemala adalah 140 cm. Hingga kini, mereka belum ada yang mampu mencapai 150 cm.

Asia Timur memiliki peningkatan yang paling besar untuk masalah tinggi badan. Orang-orang di Jepang, Cina, dan Korea Selatan semakin menjadi lebih tinggi dari bangsa mereka 100 tahun yang lalu.

"Bagian di dunia yang orang-orangnya tidak bertambah tinggi dalam kurun waktu 100 tahun menurut analisis adalah yang berada di Asial Selatan seperti India, Pakisyas, dan Bangladesh, dan area Afrika sub-Sahara. Di sini, peningkatan tinggi badan hanya 1-6 cm,' jelas James Bentham dari Imperial College London.

Sejumlah variasi tinggi yang ada di dunia mampu dijelaskan secara genetik, namun penulis penelitian mengatakan bahwa DNA kita tidak bisa menjadi faktor yang dominan dalam permasalahan ini.

"Gen tidak bisa menjelaskan perubahan yang signifikan setiap waktu. Gen tidak bisa merubah secara cepat dan mereka tidak teralu mempengaruhi seluruh dunia. Sebagian besar terjadi karena alasan lingkungan," jelas pemimpin penelitian Majid Ezzati yang juga berasal dari Imperial College London.

Standard yang baik dari kesehatan, sanitasi, dan nutrisi menjadi kunci penggeraknnya. Yang terpenting lainnya adalah kesehata sang ibu serta nutrisi selama kehamilan.

Beberapa penelitian lainnya menunjukkan bahwa orang bertubuh tinggi memiliki kehidupan yang lebih lama, dengan berkurangnya resiko penyakit hati. Namun di sisi lain, ada sejumlah pembuktian bahwa mereka lebih memiliki risiko kanker.

Berikut daftar peringkat tinggi tubuh pria di dunia tahun 2014:1. Netherlands2. Belgium3. Estonia4. Latvia5. Denmark6. Bosnia and Herzegovina7. Croatia8. Serbia9. Iceland10. Czech republic

Dan daftar peringkat tinggi tubuh wanita di dunia tahun 2014:1. Latvia2. Netherlands3. Estonia4. Czech Republic5. Serbia6. Slovakia7. Denmark8. Lithuania9. Belarus10. Ukraine