Coba Jurus Ini Agar Terhindar dari Diare Saat Travelling

By , Rabu, 3 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Pasti rasanya menyebalkan, jika Anda sudah menanti cukup lama untuk travelling ke suatu tempat, tetapi ketika di tiba di destinasi impian, Anda terkena gangguan pencernaan akibat makan sembarangan.

Sebagian orang memang memiliki sistem pencernaan yang agak sensitif dibandingkan yang lainnya. Itulah sebabnya, Anda yang merasa sistem pencernaannya sensitif, mesti lebih berhati-hati jika tak ingin menghabiskan liburan di dekat toilet.

Agar Anda terhindar dari diare atau bahkan keracunan makanan saat sedang travelling, simak tips-tips berikut.

1. Jangan minum air keran

Beberapa negara memang menyediakan keran air minum di tempat umum yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Di negara-negara maju keran air minum mungkin memang higenis, tetapi belum tentu serupa di negara-negara berkembang. Mintalah minuman tanpa es batu, atau hindari kuliner-kuliner yang mungkin terbuat dari air keran, seperti es lilin. Meski jumlahnya sedikit, tetap saja bisa mengandung bakteri atau virus.

2.   Hindari jajanan kaki lima (street food)

Jika Anda termasuk orang yang sistem pencernaannya sensitif, sebaiknya menghindari kuliner kaki lima. Makanan-makanan kaki lima agak kurang higenis jika dibandingkan dengan di restoran. Anda juga tak tahu apakah bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan segar, atau sudah berapa lama makanan itu dijajakan. Jika ingin mencecap kelezatan kuliner lokal di kaki lima, pesanlah makanan yang proses memasaknya bisa Anda lihat.

3. Coba kuliner asing di hari terakhir

Setiap tempat memiliki sajian khas masing-masing. Ada yang familiar bagi kita, ada yang asing, bahkan ada pula kuliner ekstrim. Tentu Anda tak boleh melewatkan kuliner khas daerah yang Anda kunjungi. Kalau kuliner tersebut familiar, mungkin tak masalah. Tapi jika kuliner itu asing atau bahkan ekstrim, terkadang Anda penasaran campur ragu untuk mencicipinya. Jika rasa penasaran Anda mengalahkan keraguan, cobalah kuliner tersebut di hari terakhir travelling.  

4. Selalu siap sedia

Selalu sediakan obat diare di ransel atau koper Anda. Kita tentu tidak berharap akan terserang diare saat travelling, tapi tentu tak ada salahnya mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi. Selain itu, ingatlah kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati. Penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh selama travelling. Kalau perlu, konsumsi vitamin dan suplemen selama travelling.