Erupsi 3 Gunung Berapi di Indonesia Ini Terjadi Bersamaan

By , Selasa, 9 Agustus 2016 | 16:00 WIB

Gunung Sinabung, Rinjani, dan Gamalama mengalami erupsi pada beberapa waktu terakhir, menghasilkan lanskap awan asap ke langit. Dampak dari erupsi gunung-gunung ini cukup mengganggu perjalanan.

Lagi, tiga gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi bersamaan. Indonesia dikenal secara geologi sebagai wilayah aktif Cincin Api. Negara ini juga merupakan rumah bagi 130 gunung berapi aktif. 3 diantaranya bergemuruh dan memuntahkan abu minggi ini, yakni Gunung Sinabung, Gamalama dan Rinjani.

Walaupun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tentunya hal ini berdampak pada aktivitas bandara dan beberapa destinasi wisata, salah satu diantaranya adalah lokasi wisata populer, Bali. Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombuk dekat Bali, Gunung Sinabung di Sumatra, dan Gunung Gamalama berada di kepulauan Maluku.

Ribuan orang telah dievakuasi, terkhusus di lokasi sekitar Gunung Sinabung yang telah dilapisi abu. Sepanjang tahun 2016, 13.000 orang telah dievakuasi dari 250 juta penduduk Indonesia karena bencana erupsi gunung berapi, pengungsi paling banyak berasal dari daerah di sekitar Gunung Sinabung.

Letusan tak terduga dan gempa bumi yang tak terprediksi, sering terjadi akibat magma yang bergerak di bawah tanah.

Bandara di Ternate dan Lombok tutup karena abu di udara yang dapat menimbulkan bahaya bagi perjalanan penerbangan.