Resmi Beroperasi, Begini Alur Penumpang di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

By , Rabu, 10 Agustus 2016 | 11:00 WIB

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang resmi beroperasi sejak hari ini, Selasa (9/8). Kementerian Perhubungan sudah memberi lampu hijau untuk pengoperasiannya. PT. Angkasa Pura 2 sebagai pengelola bandara dan maskapai Garuda Indonesia sebagai maskapai yang akan beroperasi di terminal ini juga sudah menyatakan kesanggupannya melayani penumpang.

Garuda Indonesia dan AP 2 sudah membuat simulasi alur pergerakan penumpang. Memang terminal yang sanggup menampung pergerakan 25 juta penumpang ini teramat besar dan luas. Kalau diukur panjang dari ujung ke ujung, bisa lebih dari satu kilometer. Jadi rambu-rambu pergerakan penumpang harus diberikan dengan jelas agar penumpang tidak tersesat.

Terlebih lagi, untuk saat ini, baru penerbangan domestik yang dilayani Garuda. Sedangkan penerbangan internasional masih berada di Terminal 2. Jadi penumpang harus pula memahami dan mempersiapkan diri agar tidak ketinggalan pesawat jika harus transit.

Garuda sudah menyebarkan infografis terkait pergerakan penumpang di Terminal 3. Inilah alur tersebut:

1. Alur penumpang transit domestik ke domestik

Penumpang tidak harus ganti terminal. Setelah mendarat, penumpang hanya perlu menuju ke transfer lounge dan melapor ke petugas transfer. Kemudian penumpang melewati gerbang X-ray untuk menuju ruang tunggu keberangkatan.

Alur penumpang transit domestik ke domestik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Garuda Indonesia via Angkasa.co.id)

2. Alur penumpang transit domestik ke internasional

Penumpang harus ganti terminal. Setelah mendarat di Terminal 3, penumpang harus menuju remote gate (gate 13) untuk kemudian naik bus shuttle menuju Terminal 2. Sampai di Terminal 2 gate F6, langsung menuju lantai 2 untuk check-in. Dan selanjutnya proses seperti biasa untuk penerbangan internasional di Terminal 2 seperti adanya proses imigrasi.

Alur penumpang transit domestik ke internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Garuda Indonesia via Angkasa.co.id)

3. Alur penumpang transit internasional ke domestik

Alur penumpang transit internasional ke domestik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Garuda Indonesia via Angkasa.co.id)

Penumpang harus ganti terminal. Setelah mendarat di Terminal 2, dan menjalani pemeriksaan internasional seperti biasanya seperti pemeriksaan imigrasi dan lainnya, penumpang harus menuju konter transfer di Terminal 2. Selanjutnya penumpang menuju Gate F6 di Terminal 2 untuk naik bus shuttle menuju Terminal 3 Gate 13. Penumpang lalu harus naik ke lantai 1 Terminal 3 untuk melalui gerbang X-ray dan kemudian menuju ruang tunggu keberangkatan.