Peneliti Temukan Jenis Baru dari Pusaran Api Berwarna Biru

By , Rabu, 10 Agustus 2016 | 16:00 WIB

Para ilmuwan menemukan jenis api baru dengan pusaran berwarna biru yang mampu membersihkan bekas pembakaran tempat bahan bakar, bahkan pembersih tumpahan minyak.

Pusaran api itu menghasilkan panas dan turbulensi angin yang menciptakan tornado kecil dari api. Para peneliti mengatakan bahwa mereka belum pernah mengobservasi jenis api seperti itu.

"Tornado api itu terlihat sangat mengerikan dan menghancurkan sekitarnya. Namun seperti listrik, dapat kita memanfaatkannya? Jika kita mengerti, mungkin kita bisa mengontrol dan menggunakannya," ujar teknisi perlindungan api, Michael Gollner dari University of Maryland.

Dalam percobaan yang dilakukan tim peneliti, terlihat bahwa di awal, api berwarna kuning kemerahan yang berasal dari radiasi partikel dan menunjukkan bahwa tidak terdapat cukup oksigen yang mampu membakar bahan bakar yang ada. Warna biru kemudian menunjukkan bahwa bakan bakar yang ada secara keseluruhan telah terbakar, yang berarti emisi karbonnya telah lemah.

Namun para peneliti masih belum bisa memahami dengan api biru yang mereka ciptakan, termasuk bagaimana cara mereka melakukan pembakaran.

"Turbulensi api biasa terjadi, namun pusaran api biru ini begitu tenang dan stabil tanpa menunjukkan tanda-tanda turbulensi," ujar salah satu peneliti Huahua Xiao. "Hal ini menjadi menarik untuk diteliti terkait kemungkinan-kemungkinan penting dari sisi luar maupun dalam lab penelitian."

Akan ada banyak potensi kegunaan dari jenis api yang baru ditemukan ini. Namun penelitian masih terus dilakukan untuk menemukan kemungkinan berpotensi lainnya.