Supernova Jenis Ini Mampu Hasilkan Magnet Berkekuatan Besar

By , Rabu, 10 Agustus 2016 | 19:00 WIB

Sebuah penelitian baru menemukan sejenis supernova misterius yang muncul dan mengalami dua kali ledakan. Hal itu memungkinkan lahirnya sebuah magnet paling berkekuatan tinggi di semesta.

Supernova merupakan sebuah ledakan yang terjadi ketika bintang kehabisan bahan bakar dan mati. Ledakan akan menghasilkan cahaya cemerlang dari jutaan bintang lainnya di galaksi mereka.

Baru-baru ini, ilmuwan menemukan adanya jenis supernova yang jarang terjadi, yang dikenal dengan superluminous supernovas. Fenomena ini terjadi kurang lebih mencapai ribuan, namun hanya 30 contoh yang telah dipelajari dengan baik.

Misteriusnya, dalam penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa fenomena supernova ini muncul dengan dua kali ledakan. Sebelum ledakan utama, supernova tersebut menghasilkan cahaya yang cemerlang untuk beberapa hari.

Para peneliti yang menemukan supernova ini menamainya DES14X3taz yang diketahui letaknya 6,4 miliyar tahun cahaya dari Bumi.

Menggunakan Gran Telescopio Canarias, sebuah teleskop yang ada di Pulau Canary, Spanyol, para astronom terus memantau observai sejak terdeteksinya DES14X3taz tersebut. Hal itu akan membantu peneliti untuk dapat mengetahui suhu supernova.

Para peneliti melihat setelah cahaya terang benderang muncul, objek itu akan mengalami pendinginan.

Peneliti mengatakan bahwa supernova itu menghasilkan daya magnet. Sumber magnet itu merupakan magnet terkuat yang pernah ada di semesta. Mereka sejenis bintang neutron yang meninggalkan material dari matinya bintang-bintang.

Ledakan menciptakan formasi magnetar yang memanaskan gelembung oleh ledakan pertama, yang kemudian mengantarkan pada ledakan kedua dengan ledakan cahaya yang lebih cerah.