Cara Alami Membasmi Kecoak di Rumah

By , Minggu, 21 Agustus 2016 | 15:00 WIB

Dengan bantuan bahan-bahan kimia, membasmi kecoak dapat dilakukan dengan mudah dan dalam waktu singkat. Namun, cara itu berisiko membuat keluarga Anda terpapar bahan-bahan kimia beracun. Di sisi lain, membasmi kecoak secara alami memang akan memakan waktu yang cukup lama, tetapi dengan cara ini, Anda tak perlu khawatir anggota keluarga terpapar zat kimia berbahaya. Selain itu, cara alami juga dapat mencegah kecoak datang kembali. Simak cara-cara alami membasmi kecoak di rumah berikut ini.

1.  Bersihkan, bersihkan, dan bersihkan

Kecoak menggemari tempat-tempat kotor dan tertarik pada sisa-sisa makanan, terutama lemak. Jadi jangan  pernah meninggalkan piring-piring kotor di bak cuci piring, pastikan konter dapur, permukaan kompor dan lantai bersih sebelum Anda tidur di malam hari. Memang kelihatannya berat jika dilakukan setiap malam, tetapi jika Anda melakukannya setiap hari, waktu 15 menit sudah cukup untuk membersihkan semuanya.

(Baca juga: Susu Kecoak, Kandidat Makanan Manusia di Masa Depan)

2.  Tutup semua celah dan lubang

Tutup celah-celah dan lubang di dapur Anda yang berpotensi menjadi akses keluar masuk kecoak. Kecoak dan serangga lain dapat merayap bahkan melalui celah yang amat sempit. Hal ini penting dilakukan, terutama jika Anda tinggal di apartemen, dan memiliki tetangga yang memiliki standar kebersihan di bawah Anda.

(Baca juga: Antibiotik Paling Kuat Kemungkinan Berasal dari Kecoak)

3.  Perbaiki keran dan pipa yang bocor

Kecoak sangat menyukai tempat-tempat lembap dan air yang bocor dari  keran atau pipa. Itulah sebabnya kita sering menjumpai kecoak di bawah wastafel. Beberapa jenis kecoak mampu bertahan hidup selama berbulan-bulan tanpa makanan, tetapi mereka hanya sanggup bertahan beberapa hari tanpa air. Tutup semua sumber air mereka dengan memperbaiki kebocoran sekecil apa pun. Jangan biarkan air menggenangi westafel atau bak cuci piring  dan hindari menyiram berlebihan tanaman di dalam ruangan.

(Baca juga: Rahasia Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala)

4.  Buat jebakan kecoak sendiri

Campurkan asam borat dan gula dengan perbandingan 3:1. Gula dapat memancing kecoak untuk datang, sedangkan asam borat dapat membunuh mereka. Meskipun asam borat tidak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan, zat tersebut tetap dapat mengiritasi kulit. Jadi, jauhkan dari jangkauan anggota keluarga. Anda bisa menaburkannya di belakang kulkas, kompor, mesin cuci, di bawah bak cuci piring, hingga di celah antara lemari dan dinding dapur.

(Baca juga: Gelombang Panas Jadi Alasan Kecoak Terbang)

5.  Bunuh dengan baik-baik… atau sadis sekalian

Jika Anda bertemu kecoak di rumah dan tak ingin menyemprotkan insektisida berbahaya, cobalah solusi mudah ini: semprotkan cairan sabun pada kecoak itu. Karena kecoak, seperti kebanyakan serangga lain, bernafas melalui kulit mereka. Sabun, dapat membuat mereka kesulitan bernafas dan membuat mereka mati pelan-pelan. Tidak ingin buang-buang waktu? Ya sudah, langsung injak saja!