Buang Air Kecil di Kolam Renang Ternyata Berbahaya

By , Sabtu, 3 September 2016 | 09:00 WIB

Ya, buang air kecil di kolam renang memang bukan suatu kejahatan, tetapi tahukah Anda campuran air dapat menciptakan bahan kimia beracun yang dikenal sebagai Cyanogen chloride, yang telah diklasifikasikan sebagai senjata kimia.

Klorin, bersama dengan metode lain dapat digunakan untuk mensterilkan air di kolam dari berbagai mikroorganisme. Klorin sangat reaktif, inilah alasan yang membuatnya baik dalam menyingkirkan bakteri tak diinginkan. Tetapi, ini juga berarti bahwa ia bereaksi dengan apa pun materi organik yang manusia bawa ke kolam renang umum.

Keringat, kotoran, urin, dan pelembab anti matahari semua akan bereaksi terhadap klorin. Ini akan menciptakan senyawa umum yang disebut Desinfeksi Produk Samping (DBPs). Di antaranya, ada trikloramin, molekul nitrogen-klorin yang terbentuk ketika klor bereaksi dengan air kencing. Trikloramin ini cukup mengganggu, ia bertanggung jawab atas bau unik kolam renang dan mengapa mata Anda menjadi merah.

American Chemical Society merilis video fakta tentang kencing di kolam renang. Mereka menjelaskan apa konsekuensi kesehatan yang akan terjadi jika kita melakukannya. Simak video di bawah ini.

Casey Johnston dari Ars Technica melakukan percobaan terkait hal ini. Ia kemudian menyimpulkan bahwa dibutuhkan sekitar tiga juta orang yang menempati satu kolam untuk membunuh orang dengan sianogen klorida. Bagaimanapun, lebih baik untuk tidak pipis sembarangan, bukan? Toh, toilet pasti tersedia di setiap kolam renang publik.