Taman Nasional Baru di Maine Utara

By , Sabtu, 27 Agustus 2016 | 14:00 WIB

Lebih dari 87.500 hektare hutan di Maine Utara ditunjuk sebagai monumen nasional terbaru Amerika Serikat oleh Presiden Barack Obama pada hari Rabu (24/8), satu hari sebelum peringatan seratus tahun National Park Service.

Hutan Katahdin dan Monumen Nasional Air adalah daerah ke 413 yang dijaga di Park Service, dan merupakan monumen nasional kedua di negara bagian tersebut (sebelumnya adalah Acadia National Park). Ia berada di sebelah timur dari Baxter State Park di pusat Maine Utara, sekitar 200 mil utara.

Tanah itu disumbangkan ke pemerintah federal minggu ini oleh Elliotsville Plantation, Inc, sebuah yayasan nirlaba yang dimulai oleh Roxanne Quimby, co-founder dari perusahaan kosmetik Burt’s Bees. Yayasan mengatakan sumbangan ini ditujukan untuk membantu biaya kekurangan dalam pemeliharaan monumen.

Quimby dan para konservasionis telah mendorong ditetapakannya taman nasional di hutan utara selama bertahun-tahun, namun mereka menghadapi penentangan keras dari sejumlah warga Maine dan politisi (termasuk gubernur), serta dari industri kayu. Beberapa orang berpendapat taman bisa membatasi akses untuk berburu dan kegiatan snowmobile (dua kegiatan populer di sana) sampai pihak Gedung Putih mengatakan kegiatan tersebut akan tetap diizinkan di beberapa bagian monumen baru.

Quimby telah meminta Obama untuk menunjuk tanah tersebut sebagai monument, setelah ia gagal mendapatkan dukungan di Kongres untuk membuat taman nasional.

Presiden sendiri dapat menunjuk monumen berdasarkan kewenangannya sesuai dengan Antiquities Act 1906. Kewenangan tersebut ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Theodore Roosevelt, sehingga memungkinkan panglima utama negara untuk melindungi sumber daya budaya dan ilmiah di tanah federal.

Sejak itu semua presiden kecuali Richard Nixon, Ronald Reagan, dan George H. W. Bush telah menggunakan kewenangan tersebut untuk meresmikan situs seperti Patung Liberty, Grand Canyon, dan Grand Tetons.

White House memaparkan dalam suatu pernyataan bahwa monumen nasional terbaru ini dikelola oleh National Park Service. Mereka akan melindungi cabang timur menakjubkan dari Sungai Penobscot dan sebagian dari Hutan Maine yang kaya akan keanekaragaman hayati dan dikenal karena kesempatan yang luar biasa untuk mendaki, main kano, berburu, memancing, balap snowmobile, snowshoe, dan ski lintas negara.

"Selain untuk melindungi geologi yang spektakuler, keanekaragaman hayati yang signifikan, dan sarana rekreasi, monumen baru akan membantu mendukung ketahanan iklim di wilayah ini," tambah White House masih dalam pernyataan yang sama. Kawasan lindung (bersama dengan Baxter State Park di sebelah barat) akan memastikan lanskap besar ini untuk tetap utuh, memperkuat ketahanan hutan terhadap dampak perubahan iklim.

Asosiasi Konservasi Taman Nasional (NPCA) mengatakan penunjukan ini cenderung untuk menciptakan ratusan lapangan pekerjaan di wilayah Katahdin. “Penetapan ini akan memberikan dorongan ekonomi untuk seluruh negara, sementara secara permanen akan melindungi lanskap.”

Area monumen juga merupakan rumah bagi lynx, beruang, trout, dan spesies penting lainnya. Kemudian, NPCA menambahkan, “"Daerah ini benar-benar layak menerima status taman nasional dan perlindungan," kata Theresa Pierno, presiden NPCA.

"Taman nasional ini memiliki hutan yang luas boreal (kawasan beriklim sejuk atau sedang di belahan bumi utara), satwa liar berlimpah, dan sungai-sungai yang mengalir indah dan begitu unik,” jelas Pierno