Jelajah Buah-buahan Tropis nan Sehat

By , Sabtu, 27 Agustus 2016 | 15:00 WIB

Makanlah buah-buahan dan sayuran bukan hanya karena nasehat Nenek Anda. Dokter dan ahli gizi menganjurkan makan buah lima sampai sembilan porsi sehari, itu dapat mengurangi risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Buah-buahan secara khusus mengandung serat, antioksidan, dan mikronutrien seperti folat dan vitamin K yang tidak ditemukan dalam makanan lain.

Tahukah Anda, jika buah-buahan yang tumbuh di daerah tropis cenderung mengandung nutrisi sangat tinggi, ia tumbuh dalam varietas yang tampaknya tak terbatas rasa dan warna? Lalu, Apakah Anda tahu satu buah pepaya dapat memberikan 224 persen kebutuhan vitamin C harian ? Dan jambu biji dapat menyediakan lebih dari 600 persen.

Para ilmuwan sedang mempelajari sukun sebagai makanan super potensial dengan jumlah protein dan serat yang tinggi. Sama halnya dengan nutrisi lain seperti manggis, buah naga, dan nangka yang memiliki potensi mencegah penyakit.

Jika Anda tidak tinggal di daerah tropis, bagaimanapun, memang akan  sulit untuk mendapatkan beberapa buah-buahan ini. Ini disebabakan banyak petani yang hanya memilih buah tertentu, atau mereka tidak mengemas dan mengirimkan semua jenis buah untuk menguntungkan perusahaan buah ternama. Kemudian ada pula buah-buahan seperti durian dari Asia Tenggara, yang secara eksplisit dilarang diekspor ke berbagai negara karena baunya yang kuat.