Akhirnya, Penggalian Kereta Emas Nazi Berbuah Nihil

By , Minggu, 11 September 2016 | 19:00 WIB

Dua pemburu harta karun yang menggali kereta emas milik Nazi yang dipercaya terkubur di barat daya Polandia, mengatakan bahwa mereka akhirnya menyerah setelah menggali selama dua mingu dengan hasil yang nol.

“Tidak ada apa-apa,” ujar Andrzej Gaik, juru bicara tim Polish-German, yang membawa pencarian ke dekat kota Walbrzych menggunakan alat radar tanah, bulldozer, dan bor.

“Semalam kami menghentikan operasi, yang harus kita terima, pencarian tak mambuahkan hasil,” ujarnya pada AFP.

Ia menambahkab, bagaimana pun, tim berencana untuk melanjutkan pencarian mereka di bulan September di situs yang hampir benar, jika mereka telah memperoleh izin keamanan.

Mereka mengatakan bahwa panjang kereta mencapai 98 meter dan terkubur di kedalaman sekitar delapan hingga sembilan meter.

Hasil pencarian itu membuat heboh media pada Agustus 2015 lalu, ketika dua warga Jerman Andreas Richter dan Piotr Koper, seorang Polandia, mengklaim mengetahui lokasi dari kereta amunisi era Nazi menggunakan alat radar tanah.

Mereka mengatakan bahwa panjang kereta mencapai 98 meter dan terkubur di kedalaman sekitar delapan hingga sembilan meter.

Mereka percaya bahwa muatan dari kereta itu sebagian besar protoype senjata, meskipun legenda local mengatakan kereta itu memuat benda-benda seni, perhiasan, dan emas yang dicuri oleh Nazi.

Nazi membuat para tahanan perang menggali jalur terowongan di area tersebut dan beberapa warga local mengatakan bahwa Jerman mencoba untuk menyimpan hasil curian di sana pada awal 1945.

Bulan Desember lalu, ahli geologi dari AGH University of Science and Technology tidak menemukan bukti keberadaan kereta di sana.