Travelling ke Selandia Baru? Simak Dulu Panduan Kuliner Halal Ini

By , Senin, 29 Agustus 2016 | 19:00 WIB

Selandia Baru dikenal sebagai negeri dengan bentangan alam yang menakjubkan. Di sini, Anda akan menemukan hal-hal yang tidak ditemukan di belahan lain dunia.

Berkunjung ke Selandia Baru tak lengkap jika Anda belum menikmati cita rasa kuliner setempat. Pilihan makanan Selandia Baru tidak hanya sebatas fish and chips dan barbeque. Selain berbagai menu hidangan laut yang diolah dari bahan-bahan segar, keju bertaraf internasional dan daging domba, para ahli masak Selandia Baru juga meramu berbagai hidangan yang cocok untuk pengunjung dari negara manapun.

(Baca juga: Mencecap Kelezatan Ikan Prasejarah)

Selama ini, banyak traveler muslim yang enggan mencicipi kelezatan kuliner Selandia Baru karena meragukan kehalalannya. Tapi berkat kerja sama antara Direktorat Muslim Kiwi dan Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ), traveler muslim yang berkunjung ke Selandia Baru akan lebih mudah menemukan restoran halal di negara itu.

Direktorat Muslim Kiwi dan FIANZ berkolaborasi membuat panduan yang menyediakan informasi pariwisata Selandia Baru secara umum, dilengkapi  daftar restoran dan kafe dengan sertifikasi halal serta berbagai restoran yang menawarkan hidangan vegetarian atau masakan vegan.

(Baca juga: Aneka Festival Kuliner dari Penjuru Amerika)

Panduan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman yang berkesan kepada wisatawan Muslim saat berkunjung ke Selandia Baru sekaligus  memastikan mereka menikmati kuliner berkualitas tinggi yang ada di negara tersebut.

“Kami menyadari pentingnya kemudahan akses informasi tentang pilihan bersantap yang dapat dinikmati oleh wisatawan Muslim. Panduan ini menunjukkan komitmen kami untuk lebih meningkatkan posisi Selandia Baru sebagai tujuan wisata yang ramah bagi wisatawan Muslim,” kata Manager Regional Asia Tenggara dan Asia Selatan, Tourism New Zealand, Steven Dixon.

(Baca juga: Kuliner-kuliner Ekstrim dari Asia, Berani Coba?)

 “Panduan Makanan Halal lebih memberikan kepastian kepada wisatawan Muslim dan akan menjadi sumber tepercaya bagi wisatawan dan pebisnis Muslim yang berkunjung ke Selandia Baru,” kata Ketua FIANZ, Hazim Arafeh .

Daftar restoran dalam panduan ini dibagi dalam tiga kategori - Restoran Halal yang bersertifikasi FIANZ, Restoran Halal yang dimiliki Muslim (pemilik restoran-restoran ini menjamin bahwa hidangannya halal), dan Vegetarian (restoran yang walaupun tidak bersertifikasi halal atau dimiliki Muslim, namun hanya menyajikan menu vegetarian).

Baca lebih lanjut di situs ini, atau unduh panduannya di sini.