Peta Ini Gambarkan Gerakan Migrasi Spesies Akibat Perubahan Iklim

By , Selasa, 30 Agustus 2016 | 20:00 WIB

Dunia saat ini berada dalam kondisi perubahan iklim. Peningkatan suhu mendorong tumbuhan dan hewan untuk keluar dari area habitat mereka. Untuk mengantisipasi adanya perubahan iklim tersebut, semua spesies itu membutuhkan pengarahan untuk melangkah keluar dari habitatnya tanpa menganggu pertumbuhan manusia.

Peta ini menunjukkan jalan terbaik yang kemungkinan dapat diiikuti dalam pergerakan spesies keluar dari habitatnya untuk dapat bertahan hidup dari perubahan iklim yang dialami oleh Bumi.

Insipirasi pemetaan ini menggunakan peta pergerakan angin di Bumi. Dengan menggunakan suhu, data tingkat tekanan angin dan laut. Dan Majka, seorang pengembang web di The Nature Conservancy, menggunakan data dari dua penelitian untuk menemukan langkah bagi mamalia, burung, dan amphibi. Peta ini bisa digunakan bagi mereka sebagai panduan jalan ketika habitat mereka tumbuh menjadi panas.

Peta ini bisa digunakan bagi mereka sebagai panduan jalan ketika habitat mereka tumbuh menjadi panas.

Visualisasi peta ini menakjubkan, namun juga memberikan harapan. Ini menunjukkan bahwa akan terlihat tantangan dari perubahan iklim dan peningkatan urbanisasi, dan masih banyak hal lain darialam yang perlu berhadapan dengan ancaman-ancaman tersebut.

“Kebanyakan lahan di luar area pegunungan berkembang menjadi daerah pertanian,” ujar Brad McRae, seorang ahli ekologi dari Nature Conservancy.

Berdasarkan penelitian dari peta tersebut, hanya dua persen dari daerah alami di area timur Mississippi, Amerika Serikat yang dapat menghubungkan jalan yang dapat dilalui oleh migrasi para spesies ke utara.

Keberadaan Taman Nasional merupakan bagian dari solusi masa depan yang mampu menolong para spesies untuk menghadapi perubahan iklim. Monumen Nasional Maine North Woods yang menjadi salah satu langkah penunjuk dalam peta, namun akan ada lebih banyak lahan lagi yang dibutuhkan untuk menjadi rumah baru bagi tumbuhan dan hewan.