Menggali Potensi Wisata Dalam Negeri Lewat KTF 2016

By , Minggu, 4 September 2016 | 12:24 WIB

Kompas Travel Fair menginspirasi masyarakat muda yang menginginkan hal-hal baru. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di pembukaan Kompas Travel Fair 2016, Jakarta Convention Center pada Jumat (02/09/2016).

Budi sempat mengatakan dalam sambutannya, Indonesia memiliki potensi yang besar dari segi sumber daya alam. Namun ia pun turut menyesali bahwa sumber daya alam yang dimiliki Indonesia suatu hari pasti akan habis. Keberadaan wisata Indonesia rupanya mampu menjadi salah satu pendukung perkembangan negeri di samping keberadaan sumber daya alam.

“Kita memiliki potensi wisata, yang jika kita gali dan kita kembangkan, ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia,” ujar Budi.

Dengan usaha yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, pengembangan dan pemberdayaan pariwisata akan membawa Indonesia pada posisi ‘Truly Asia’ yang sesungguhnya.

Budi mengakui bahwa Indonesia banyak beraksi dalam melaksanakan pembangunan, namun sayangnya pemerintah tidak menghadirkan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti bandara, pelabuhan, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

“Itu menjadi tugas kita untuk meningkatkan lagi pembangunan-pembangunan tersebut,” jelas Budi.

Asisten Deputi Pengembangan Bisnis dan Pemerintahan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Tasbir Abdullah, pun mengatakan bahwa Kompas Travel Fair 2016 ini akan mampu memberikan edukasi mengenai produk-produk dalam negeri.

“Ini akan menjadi kesempatan bagi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk mempromosikan destinasi-destinasi dalam negeri,” kata Tasbir.

Kompas kembali mendukung dunia pariwisata Indonesia dengan mengadakan Kompas Travel Fair 2016. Acara ini merupakan yang kelima kalinya diadakan sejak tahun 2013. Bekerja sama dengan sejumlah pihak, pameran travel ini akan diselenggarakan dari tanggal 2-4 September 2016.

Sebanyak 12 maskapai penerbangan, 22 agen travel, 2 cruise, hotel, perusahaan asuransi, aplikasi travel kenamaan ikut berpartisipasi dalalm Kompas Travel Fair 2016 yang mengusung tema ‘Travel More, Explore More’ tersebut.