Plastik Akan Jadi Peninggalan Era Antroposen

By , Rabu, 7 September 2016 | 17:00 WIB

Selama hampir dua dekade, para ilmuwan beranggapan bahwa dunia memasuki Antroposen. Antroposen adalah zaman yang bermula ketika aktivitas manusia mulai memiliki pengaruh global terhadap ekosistem Bumi, di mulai sekitar abad 20.

Sekelompok ilmuwan dalam Kongres Geologi Internasional di Cape Town, Afrika Selatan secara resmi mengakui periode Antroposen dimulai sekitar tahun 1950 sebagai zaman baru. Uji coba bom nuklir pada tahun 1945 menjadi tonggak awal dimulainya era Antroposen. Klaim atas era Antroposen menggarisbawahi sejauh mana spesies manusia telah mencemari alam, dan secepat apa kerusakan itu akan memburuk.

"Jika kita mampu menentukan periode waktu, sama halnya memiliki dampak yang luar biasa pada lingkungan planet. Konsep Antroposen menampung ide-ide perubahan lingkungan jadi satu," ujar Colin Waters, ahli geologi utama dalam British Geological Survey.

Berakhirnya suatu zaman ditandai dengan fosil yang ditinggalkan oleh makhluk hidup pada periode waktu tersebut. Misalnya, kerangka Tyrannosaurus yang menjadi ikon keunggulan Periode Cretaceous Akhir.

Ketika ahli geologi mempelajari era Antroposen, banyak ditemukan fosil sampah plastik dan ayam lokal. Keduanya dapat menjadi pertanda utama peninggalan manusia yang hidup pada zaman itu.

Penggunaan plastik secara luas dimulai pada tahun 1940. Sekarang, secara alami plastik muncul di antara bebatuan, kerikil, dan karang sepanjang pantai di Hawaii. Menurut laporan bulan Januari dari Forum Ekonomi Dunia dan Yayasan Ellen MacArthur, sebuah botol air dari plastik membutuhkan waktu sekitar 450 tahun untuk hancur. Bisa dibayangkan, dengan kecepatan tersebut lautan akan berisi lebih banyak plastik dari ikan pada tahun 2050.

Selain plastik, adapula fosil ayam yang sering ditemukan. Industri peternakan ayam meningkat dramatis pada tahun 1950. Menurut data dari Dewan Ayam Nasional, jumlah ayam tersedia di AS bertambah lebih dari 2,838 persen di tahun yang sama. Lebih dari 50 miliar ayam disembelih di dunia setiap tahun, menurut United Poultry Concern, suatu kelompok nirlaba terkait hak-hak binatang. Selain itu, gas metana yang diproduksi dari kotoran ayam memberikan kontribusi besar-besaran untuk emisi gas rumah kaca yang menyebabkan planet ini untuk memanas.

Mungkin sudah terlalu terlambat untuk menghapus jejak kerusakan alam oleh manusia di planet ini, namun masih ada waktu untuk memerangi beberapa efek terburuk yang akan dan sedang terjadi.