Peneliti Temukan Spesies Burung Baru yang Sudah Punah

By , Senin, 5 September 2016 | 14:00 WIB

Penemuan spesies baru biasanya merupakan kabar gembira. Sayang, spesies burung ini baru saja ditemukan namun sudah punah.

Pulau Galapagos adalah salah satu tempat yang sangat terkenal teruatama karena dibahas oleh Charles Darwin. Pulau yang terletak di Samudera Pasifik ini memang memiliki alam yang sangat unik. Baru-baru ini, peneliti menemukan satu spesies burung baru di sana. Sayangnya, spesies itu sudah punah.

Spesies burung bernama Sans Cristobal Island Vermilion Flycatcher ini diduga hidup sekitar tahun 1987. Burung ini sekarang dianggap sebagai spesies baru pertama yang ditemukan oleh dunia modern namun sudah punah. Para peneliti sendiri berhasil menemukan spesies ini berkat memelajari catatan sejarah dari spesiman yang tersimpan di California Academy of Sciences.

Menurut para peneliti, penemuan spesies baru yang sudah punah ini sangat penting. Penemuan ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga area Pulau Galapagos dengan baik. Masih banyak hal yang perlu diteliti dan diketahui dari pulau tersebut. Peneliti juga ingin mencari tahu mengapa populasi burung yang baru ditemukan itu terus menurun hingga akhirnya punah.

Walau belum bisa dipastikan apa penyebab punahnya spesies burung ini, para peneliti menduga mereka punah karena terus rusaknya daerah alam di Pulau Galapagos. Tikus-tikus yang turun dari kapal para penjelajah pertama Pulau Galapagos mungkin telah menjadi predator utama dari telur-telur burung ini.