Ini yang Terjadi Ketika Komet Menabrak Matahari

By , Kamis, 22 September 2016 | 19:00 WIB

Mungkin kita familiar dengan skenario hari kiamat dimana komet akan membawa dampak dari tabrakannya dengan Bumi.

Ilmu pengetahuan dan film menunjukkan hal buruk yang mungkin akan terjadi. Namun apa yang akan terjadi jika komet menabrak Matahari?

Komet pada dasarnya mengorbit dari jarak yang begitu jauh. Benda-benda yang dekat dengan matahari disebut dengan sungrazers. Mereka mampu berada dalam jarak beberapa ribu mil dari permukaan Matahari.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa matahari sebenarnya tak memiliki permukaan. Ia sesungguhnya hanya bola gas dengan suhu panas yang ekstrim, sebagian besar gas hidrogen.

Komet yang mendekati Matahari memiliki kemungkinan besar akan tercabik-cabik oleh gravitasinya. Namun, komet masih memiliki masalah lain, selain gravitasi. Berada cukup dekat dengan Matahari yang beradiasi panas akan menghancurkan batuan komet itu sendiri.

Komet dengan ukuran begitu besar dan cukup kuat untuk menabrak matahari akan menciptakan sebuah ledakan serius.

Setelah melalui perjalanan dengan kecepatan 370 mil per detik, komet yang menabrak atmosfer Matahari akan menghasilkan gelombang tidal dari radiasi ultraviolet dan X-ray. Insiden ini sangat spektakuler, namun tidak membawa ancaman sama sekali pada Bumi.