Bumbu Dapur Ini Mampu Memanaskan Air Lebih Cepat

By , Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB

Jawabannya adalah benar. Namun menurut seorang hali perbedaannya sangat kecil jika dibandingkan dengan air yang tak dibubuhi garam.

Jika Anda menambahkan 1 sendok teh (kurang dari 3 gram) garam untuk satu liter (34 ons cairan) air, "Anda tidak akan benar-benar melihat begitu banyak perbedaan," kata Lesley-Ann Giddings, asisten profesor kimia dan biokimia di Middlebury College di Vermont. Sebab perbedaan waktunya hanya dalam hitungan detik.

Dibutuhkan sedikit energi untuk membuat air mendidih. Bahkan, Anda perlu 1 kalori energi untuk menaikkan 1 derajat Celsius (1,8 derajat Fahrenheit) pada 1 gram (0,03 ons) air.Agar air mendidih, tekanan uap harus sama dengan tekanan atmosfer, kata Giddings

Itulah alasan mengapa air mendidih pada suhu yang lebih rendah di puncak Gunung Everest daripada yang dilakukan di permukaan laut. Ada atmosfer yang lebih sedikit, atau tekanan yang lebih rendah, menekan air di gunung yang memiliki ketinggian 29.000 kaki (8.800 meter).

Namun, mari kita bayangkan panci air di atas kompor menyala di permukaan laut. Ketika garam ditambahkan, molekul air lebih sulit untuk melarikan diri dari panci dan memasuki fase gas, yang terjadi ketika air mendidih. Hal ini memberikan air garam titik didih lebih tinggi.

Giddings juga menjelaskan bahwa kapasitas panas - jumlah panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu suatu zat sebesar 1 derajat C - lebih rendah untuk air yang mengandung garam daripada air tawar.

Ini berarti bahwa air asin tidak setahan air tawar dalam perubahan suhu adalah; dengan kata lain, lebih sedikit panas yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu air asin oleh 1 derajat C daripada melakukan hal yang sama untuk air tawar, katanya.

"Suhu air asin akan mendapatkan panas lebih cepat dibandingkan dengan air murni," kata Giddings. "Tapi masih memiliki titik didih lebih tinggi, dan massa lebih besar ketika Anda menambahkan garam dengan volume air yang sama, jadi ini tidak berarti bahwa air asin mendidih lebih cepat."