Kuda Bisa Berkomunikasi Menggunakan Simbol

By , Senin, 26 September 2016 | 19:00 WIB

Kuda dapat dilatih untuk berkomunikasi dengan manusia dan mengekspresikan perasaan serta opini mereka dengan menunjuk simbol, demikian kesimpulan penelitian terbaru para ilmuwan Norwegian Veterinary Institute.

Ilmuwan melatih 23 ekor kuda dengan menawarkan wortel sebagai insentif, untuk menyentuh papan dengan moncong mereka.

(Baca juga: Kuda Juga Punya Wajah yang Ekspresif Seperti Manusia)

Kemudian, kuda-kuda tersebut diajari perbedaan antara simbol-simbol berbeda pada papan yang mewakili pilihan apakah mereka ingin memakai kain pelindung tubuh atau tidak.  

Meskipun kecepatan belajarnya bervariasi, setelah dua minggu skema pelatihan akhirnya, kuda-kuda tersebut memahami hubungan tindakan tertentu dengan simbol pada papan.  

Kuda cenderung meminta kain pelindung tubuh di cuaca basah, berangin dan dingin, namun memilih tak memakai kain pelindung tubuh ketika cuaca terasa hangat atau panas. Para peneliti mengatakan, hal ini menunjukan bahwa kuda mengambil keputusan berdasar keinginannya sendiri, dan bukan karena pelatihnya.

(Baca juga: Manusia Mendomestikasi Kuda Sejak 6.000 Tahun Lalu)

“Kuda sering kali dianggap tak begitu cerdas, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode yang tepat, mereka sebenarnya dapat berkomunikasi, mengekspresikan pendapat, dan menyatakan pilihan yang masuk akal,” kata Cecilie Mejdell, doktor dari Norwegian Veterinary Institute.

Selain itu, pada awal tahun ini, peneliti Inggris juga menyatakan bahwa kuda dapat membaca ekspresi wajah manusia

Dengan hasil penelitian ini, para ilmuwan memasukkan kuda ke dalam kelompok hewan-hewan yang mampu berkomunikasi dengan simbol, bersama kera dan lumba-lumba.