Bagaimana Match and Pick Gloves Ini Bantu Petani Tomat?

By , Selasa, 27 September 2016 | 16:00 WIB

Izza Aulia Putri Purwanto memiliki keinginan untuk membantu para petani tomat untuk memetik buah yang mereka panen. Berbekal latar belakang tersebut, Izza pun menciptakan sebuah inovasi terbaru yang ia namai ‘Match and Pick Gloves’.

Tomat memiliki empat gradasi warna yang menandakan kematangan buah tersebut. Jika tomat masih berwarna hijau, maka buat itu jauh dari kondisi matang dan belum bisa dipetik. Ketika tomat mulai berwarna hijau muda, hijau kekuningan, hingga merah, maka buat tersebut akan mulai siap untuk dipanen.

“Sarung tangan ini berfungsi untuk membantu memetik tomat secara akurat,” kata Izza. Ia menjelaskan bahwa sarung tangan itu memiliki empat warna gradasi tingkat kematangan buah tomat pada bagian jarinya. Hal itu akan membantu petani untuk mampu memetik buah dengan kematangan yang akurat.

Tak hanya warna, sarung tangan itu ternyata juga dilengkapi dengan meteran guna mengetahui diameter tomat. Ukuran tomat memiliki pengaruh dalam menentukan kematangan buat tersebut.

“Ada mistar yang terletak di antara ibu jari dengan jari telunjuk. Petani dapat menggunakannya untuk mengukur diameter buahnya,” jelas Izza ketika memperlihatkan mistar pada sarung tangannya itu kepada pengunjung gerai ‘Match and Pick Gloves’.

‘Match and Pick Gloves’ menjadi salah satu dari 29 invensi  finalis dalam Nartional Young Inventor Award  2016 di LIPI Pusat, Jakarta pada Senin (26/09/2016). Bersama dengan rekannya dari SD IT Bina Amal Semarang, Hanun Dzatirrajwa, keduanya turut menciptakan invensi lain khusus bagi penderita tuna netra. Sebuah permainan ular tangga dengan huruf Braille timbul pada bagian papannya.