Seperti Inilah Suara Otzi Sang Manusia Es

By , Kamis, 29 September 2016 | 20:00 WIB

Setelah 25 tahun penemuannya di lembah es Val Senales, Tyrol selatan, misteri manusia es Otzi yang terawetkan selama 5.300 tahun di dalam es ini satu per satu mulai terkuak.

Selain mengetahui gaya busana dan peralatan yang ia kenakan, penelitian juga telah mengungkap kuman apa yang dibawanya, penyakit yang ia derita bahkan tato yang menempel di tubuhnya. Kita juga tahu penyebab kematian Otzi dan makanan terakhirnya yang berupa kambing liar.

(Baca juga: Ini Gaya Busana Otzi Sebelum Tewas pada 5.300 Silam)

Kini, kita bahkan tahu seperti apa suara Otzi. Anda dapat mendengarnya dalam rekaman singkat berdurasi empat detik berikut.  

Otzi sudah lama meninggal, lantas bagaimana kita bisa tahu seperti apa suaranya?

Tim peneliti di Italia berhasil merekonstruksi suara Otzi dengan bantuan perangkat lunak komputer dan model 3 Dimensi saluran vokal manusia es ini berdasarkan CT-scan muminya.

(Baca juga: Bakteri di Perut Otzi The Iceman, Memetakan Migrasi Manusia)

“Kami memperjelas beberapa perkiraan tentang Otzi yang asli, karena dimensi, ketebalan dan komposisi jaringan pita suaranya tak diketahui secara pasti,” kata Francesco Avanzi, dokter yang memimpin penelitian.

(Baca juga: Darah Tertua di Dunia Milik Oetzi si Manusia Es)

Busana yang dikenakan oleh Otzi Si Manusia Es pada 5.300 tahun silam (searah jarum jam dari kiri atas): sepatu, mantel bulu dan kulit domba, legging kulit kambing, topi bulu beruang, dan cawat dari rumput anyaman dan kulit domba. (Niall O Sullivan, Institute for Mummies and the Iceman)

Avanzini juga mengakui bahwa suara serak yang terdengar dalam rekaman singkat tersebut hanya sebuah perkiraan. Meski terdengar agak menyeramkan, namun Otzi tidak akan memprotes rekonstruksi suaranya, kecuali ada orang yang tahu bagaimana cara membangkitkan Otzi dari kematian.