Toyota Eco Youth 10: Local Awarding Khusus Semarang.

By , Jumat, 14 Oktober 2016 | 09:00 WIB

Semarang jadi kota special dalam GENBA Toyota Eco Youth 10, pasalnya SMAN 2 Semarang mengirim dua tim untuk mewakili SMAN 2 Semarang. Tim sains yang terdiri dari Alfisna Fajru dan Nor Sya’adah dengan proyek mereka yaitu VIT Paving Electric dan tim social Sakti Octa dan Nurul dengan proyek mereka Eco Package For A Better Future. Dengan alasan inilah Pihak juri dari Toyota sepakat untuk mengadakan Local Awarding di Kota Semarang yaitu pemberian penghargaan kepada peserta yang tidak hanya dari Semarang, tetapi juga dari Blora yang dihadiri oleh tim Sandal Organik milik Anggi Sabrina dan Intan Aprilisa.

Setelah sebelumnya peserta dari SMAN 2 Semarang melaksanakan GENBA dengan presentasi hasil proyek yang sudah mereka jalankan kepada juri yang dihadiri oleh Didi Kaspi Kasim selaku Pemimpin Redaksi dari National Geographic Indonesia. Presentasi kedua tim berjalan lancar. Mereka dengan lugas dan tanpa malu-malu mempresentasikannya. Setelah presentasi tim juri diajak untuk melihat proyek mereka, bagaimana proyek Paving Electric bekerja dan melihat produksi dari tim Eco Package.

Ide untuk membuat proyek ini sangat sederhana. Misalnya, Eco Package. Dimana Sakti dan Nurul ingin mengubah kebiasaan teman-teman sekolahnya untuk tidak menggunakan kantong plastik dan beralih dengan menggunakan kantong kertas atau paper bag untuk penggunaan jangka panjang dan juga ramah lingkungan. Untuk bahan utama pembuatan Eco Package ini adalah pelumpung yang merupakan limbah kertas. Selain ramah lingkungan, Eco Package ini juga untuk mengurangi limbah pelumpung.

Acara Local Awarding yang ditunggu-tunggu oleh peserta di Semarang pun dimulai. Dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo S.H., M.IP, yang menyempatkan hadir ditengah agendanya yang padat untuk melihat prestasi dan memberikan penghargaan secara langsung kepada peserta di Jawa Tengah dan juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Drs. Nurhadi  Amiyato, M, Ed.

“Saya suka menghadiri acara-acara inovasi, kreasi dari anak-anak ini. Terkait dengan lingkungan yang sangat menarik dan saya kira titik awal yang bagus” Ujar Ganjar Pranowo.

Dari tahun ke tahun acara Toyota Eco Youth telah berkembang secara baik dan mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Hal inilah yang menjadikan Toyota konsisten untuk mengadakan Program CSR Toyota Eco Youth hingga ke-10 ini.

“Kedepannya kita ingin membuat suatu gerakan, jadi anak-anak kita ada semacam keterikatan seperti komunitas. Jadi nanti ada website, social media. Dan ditularkan ke adik-adik kelas mereka, kalau seperti itu, akan otomatis berjalan” Ujar Admal Syayid selaku Corporate Planning and CSR Manager Toyota Astra Motor.