Menjaga Kesehatan Otak dengan Ultrasonik

By , Jumat, 14 Oktober 2016 | 13:00 WIB

Menurut National Center for Biotechnology Information mengatakan bahwa efek dari penuaan otak dapat menyebar yakni mulai dari perubahan ukuran otak, pembuluh darah, hingga perubahan dalam hal lainnya. Peneliti mungkin telah menemukan metode baru untuk memperlambat proses ini melalui hippocampus. Hippocampus adalah sebuah area di otak yang bertanggung jawab dalam mempelajari sesuatu dan sebagai penyimpan memori, yang terus menyusut dari waktu ke waktu.  

Sebuah penelitian terbaru dari Univeristy of Queensland menunjukkan bahwa ultrasonik, atau terapi gelombang suara dapat mengurangi penyusutan pada bagian hippocampus dari seekor tikus percobaan, yang kemudian menyarankan dengan menggunakan teknologi ultrasonik, kita dapat memperlambat proses penuaan pada otak yang sehat, menurut sebuah pernyataan.

Selama periode enam minggu, para peneliti memberikan salah satu dari enam perawatan pemindaian ultrasonik pada tikus dan meninjau struktur sel dan fungsi otak pada tikus selama dua jam, satu hari, satu minggu dan tiga bulan setelah menerima perawatan tersebut.

“Kami menemukan bahwa hal tersebut jauh dari menyebabkan kerusakan pada otak yang sehat,bahkan perawatan ultrasonik kemungkian memiliki potensi yang menguntungkan untuk kesehatan otak pada saat tua nanti,” kata Dr. Hatch. “Dalam sebuah otak yang normal struktur sel saraf di hippocampus, area otak yang penting digunakan untuk mempelajari dan mengingat sesuatu akan berkurang seiring bertambahnya usia. Dan apa yang kita temukan ketika kita memberikan perawatan Ultrasonik pada tikus dapat mencegah pengurangan struktur ini, yang kemungkinan dapat digunakan pula pada kita agar kita dapat menjaga struktur otak yang lebih muda ketika kita menua,” tambah Dr. Hatch.

Tahun lalu, kelompok peneliti yang sama menemukan bahwa perawatan menggunakan teknologi ultrasonik non-invasif dapat menyembuhkan penyakit  Alzheimer pada tikus. Penemuan baru yang menemukan proses memperlambat penuaan otak sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja.

“Secara kolektif, penelitian ini secara fundamental mengubah pemahaman kita tentang tidak hanya bagaimana mengobati Alzheimer tapi juga untuk menjaga kesehatan otak secara luas,” kata Dr. Hatch. “Hal ini juga dapat menekan permasalahan kesehatan pada masyarakat dan sudah jelas bahwa teknologi ultrasonik memiliki peran penting dalam hal tersebut.”