Mencuci Pakaian Dapat Membahayakan Hidup Kerang, Moluska, dan Hewan Laut Lainnya

By , Senin, 17 Oktober 2016 | 16:00 WIB

Semua orang menyukai untuk menggunakan pakaian yang bersih, namun tidak untuk para hewan laut. Setiap beban cucian yang Anda lakukan mungkin dapat menuangkan ratusan ribu polutan kecil ke dalam air, yang kemudian akan dicerna oleh para kerang, moluska dan makhluk laut lainnya di seluruh dunia.

Microfibers, atau potongan-potongan kecil dari polyester dan acrylic, ditemukan di antara produk-produk kecantikan ketika bentuk yang lebih besarnya terurai dari plastik. Polutan kecil ini adalah salah satu sumber umum dari pencemaran laut dan menimbulkan suatu masalah bagi makhluk laut dan air tawar.

Namun sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah harapan. Beberapa pakaian, yakni yang terbuat dari akrilik, jauh lebih berpolusi dibandingkan dengan yang jenis pakaian yang lain. Sementara pakaian yang terbuat dari bahan sintetis merupakan bahan utama pembentukan microfiber. “Microfiber merupaka jenis yang paling umum dari microplastic yang sering kita temukan,” kata Katherine O’Reilly, seorang mahasiswa pendidikan Master dari University of Notre Dame.

Dan seluruh pakaian-pakaian ini ternyata dapat menghasilkan serat atau fiber yang sangat variatif. “Beberapa kain melepaskan hingga 3 kali lebih banyak serat daripada bahan lainnya,” kata Richard Thompson, seorang Profesor dari Plymouth University d Inggris sekaligus salah satu penulis dari penelitian ini yang telah diterbitkan dalam Journal Marine Pollution Bulletin. “banyak hal yang dapat dilakukan oleh para produsen untuk mengurangi serat yang dihasilkan.”

“Serat yang telah termakan oleh para hewan membuat para hewan ini merasa kenyang namun tanpa memberikan mereka nutrisi,” kata O’Reilly.

Menurut penelitian terbaru, Thompson dan Imogen Napper mencuci contoh kain dari beberapa jenis yang berbeda yakni, Akrilik, polyester dan campuran dari polyester katun.lalu, mereka menyaring air limbah dari mesin cuci untuk menghitung jumlah seratnya. Mereka menemukan bahwa pakaian berbahan akrilik  yang ditemukan pada pakaian seperti sweaters, jaket microfleece, melepaskan serat tiga hingga empat kali lebih banyak daripada pakaian berbahan dasar polyester-katun. Secara singkat, jika Anda mencuci enam kilogram kain yang sama, sebanyak 700,000 serat/berat  dibuang ke dalam aliran air limbah .

Beberapa serat pakaian disaring oleh pabrik pengolahan air limbah, namun sisanya berhasil lolos dan diperkirakan sekitar 40 persen dari serat yang lolos dari penyaringan ail limbah terbuang ke perairan lepas. Ketika mereka sampai di sungai, danau atau bahkan laut, mereka akan dicerna oleh pengumpan penyaring seperti kerang dan remis yang tentunya memiliki pengaruh yang sangat buruk bagi mereka.

“Serat yang telah termakan oleh para hewan membuat para hewan ini merasa kenyang namun tanpa memberikan mereka nutrisi,” kata O’Reilly. Atau menurut ilmuwan NOAA , Sherry Lippiat, racun dan bakteri cenderung menumpuk pada plastik yang nantinya akan dicerna oleh hewan. “Kami sangat khawatir tentang hubungan antara plastik dan kandungan kimia di dalamnya, tapi kamu tidak yakin berapa banyak plastik yang telah terkontaminasi oleh ini,” kata  Lippiat maupun O’Reilly yang terlibat dalam penelitian ini.  

Masih banyak hal yang belum diketahui yang berasal dari microplastik. Misalnya, para ilmuwan tidak mengetahui apakan polutan ini membuat para hewan tersedak, meskipun Lippiat mengatakan bahwa terdapat sebuah kemungkinan dari hal tersebut. Mereka juga tidak mengetahui berapa lama microplastic akan bertahan di dalam tubuh hewan.

Memang, microplastics telah ditemukan di sungai, danau, di dasar laut  dan bahkan di sebuah danau terpencil di Mongolia .

Kata Thompson: "Kita perlu mengakui bahwa plastik adalah polutan persisten. Bahkan jika besok kita bisa mengayunkan tongkat sihir dan menghentikan semua polusi plastik terhadap lingkungan, kami masih akan melihat selama beberapa dekade kedepan peningkatan plastik di luar sana. "

Pelajarannya ialah, menurut Thompson, "Anda harus mempertimbangkan, apa yang Anda lakukan dengan limbah yang telah Anda tangkap?" Lumpur limbah dari sisa "padatan" dari  air limbah, sekarang penuh partikel plastik kecil, terlalu dikubur, dibakar atau diolah dan digunakan sebagai pupuk. Itu berarti bahwa dalam kebanyakan kasus, microplastics yang tertangkap dalam filter bisa saja lolos dan mencemari lingkungan lagi.

Sebaliknya, katanya, kita perlu untuk mengatasi masalah pada sumbernya. "Kami menganjurkan para produsen untuk memperhitungkan bukan hanya penampilan pakaian, tetapi juga umur panjang garmen."  Setelah semua, kemeja yang menumpahkan serat tiga kali secepat akan aus  tiga kali dengan cepat pula.

Produsen pakaian Patagonia, yang mendanai penelitian ke dalam pakaian dan microplastics beberapa tahun yang lalu, baru-baru ini mengumumkan di blog-nya bahwa itu mengambil sejumlah langkah untuk meminimalkan masalah tersebut. Perusahaan itu mengatakan telah meminta produsen mesin cuci untuk meneliti bagaimana mereka dapat mengurangi  serat yang terbuang atau dapat menjebak serat dan mencari cara untuk mengubah penumpukkan microfiber sintetis ke ... bahan baru dalam lini produk kami." Perusahaan ini juga meminta pelanggan untuk tidak membeli  "apa yang tidak Anda butuhkan, karena segala sesuatu yang kita buat, memiliki dampak negatif di planet ini."