Makna di Balik Kebiasaan Aneh Kucing

By , Selasa, 25 Oktober 2016 | 10:00 WIB

Apakah Anda pernah melihat kucing menjilat-jilat plastik, baik itu tirai kamar mandi atau tali sepatu? Jika ya, maka kebiasaan kucing satu ini dapat dikaitkan dengan Problem Identification Corrective Action (PICA). Menurut Nicholas Dodman, penulis buku Pets on the Couch, PICA merupakan keinginan memakan benda yang bukan makananan.

“Kantong plastik merupakan jenis gangguan pola makan yang bertekstur khusus, kucing menyukai teksturnya”, ujar Dodman, ilmuwan dari Universitas Tufts. Ia kemudian menjelaskan bahwa kebiasaan ini tidak berbahaya, kecuali kucing menelan plastik, karena dapat menyebabkan penyumbatan usus.

Petak bulu kucing

Pernah kah anda melihat bulu kucing hilang pada beberapa petak? Ya, kucing cenderung menarik bulu-bulunya dengan gigi selama musim semi. Inilah yang menyebabkan beberapa petak tanpa bulu di beberapa bagian tubuh. Bulu akan tumbuh kembali, pendek dan halus. Ia akan semakin panjang pada musim dingin.

Dodman menjelaskan bahwa beberapa kucing yang stres menunjukkan perilaku ini, mereka menarik bulu-bulunya. Jika perilaku ini terjadi musiman, kemungkinan kucing mengalami alergi. Tindakan terbaik adalah mengantarkan kucing ke dokter hewan untuk diperiksa.

Zoomies

Banyak anak-anak kucing terlantar liar. Beberapa orang berbaik hati mengadopsi dan merawat mereka. Salah satunya adalah Katelynn Davis, ia menyelamatkan kucing mungil di belakang suatu restoran.

Setelah dua tahun, kucing Davis mengalami apa yang disebut sebagai ‘zoomies’, yakni berkeliling di sekitar rumah sembari mengeong terus menerus, terkadang berhenti duduk di tepi pintu.

Bagaimana cara membuat kucing tersebut tenang? Pertama, pahami latar belakang kucing. Anak kucing yang tumbuh tanpa ibu, seperti kucing milik Davis, memiliki beberapa perilaku tak normal.

Zoomies biasanya merupakan suatu tanda bahwa kucing tidak mendapatkan cukup gerak atau latihan. Pola alami kucing, baik kucing besar atau kecil, adalah dengan tidur atau tidur siang dan kemudian melakukan letusan aktivitas mendadak.

“Begitulah cara mereka berburu," jelas Dodman.

Salah satu cara meminimalkan zoomies, Anda bisa memberikan beberapa mainan khusus untuk kucing, atau Anda sendiri turun langsung bermain bersama dapat membantu kucing.